Garuda Akan Pangkas Enam Anak Usaha, termasuk Garuda Tauberes

Image title
3 April 2020, 14:43
Ilustrasi, pesawat Garuda Indonesia di Hangar GMF. Pada Jumat (3/4), Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, perusahaan akan melakukan rasionalisasi anak dan cucu usaha, salah satunya Garuda Tauberes.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, pesawat Garuda Indonesia di Hangar GMF. Pada Jumat (3/4), Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, perusahaan akan melakukan rasionalisasi anak dan cucu usaha, salah satunya Garuda Tauberes.

PT Garuda Indonesia Tbk dalam waktu dekat akan merasionalisasi enam anak usahanya, sesuai dengan arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama Garuda indonesia Irfan Setiaputra mendukung keinginan pemegang saham untuk konsolidasi anak dan cucu perusahaan. Rencana konsolidasi ini sudah memasuki tahap awal untuk pengkajian yang lebih mendalam.

"Kita lakukan rasionalisasi, salah satunya Garuda Tauberes,”  ujar Irfan, dalam video conference, Jumat (3/4).

Irfan mengatakan, Garuda Tauberes merupakan salah satu cucu usaha, yang  bisa dilebur dengan unit kargo Garuda Indonesia. Menurutnya, cucu usaha dengan lini usaha yang mirip, justru membuat birokrasi semakin panjang, apalagi jika kontribusi pendapatan tidak terlalu sgnifikan.

“Ini (Garuda Tauberes) kan aplikasi kargo. Kita anggap ini bisa dikargo kita. Ini prinsip Good Corporate Governance ,” ujarnya.

Sekadar informasi, Garuda Tauberes adalah cucu usaha Garuda Indonesia yang bergerak di bidang layanan pengiriman barang. Perusahaan tersebut memiliki aplikasi bernama Tauberes yang menawarkan layanan kirim paket, kargo udara dan belanja online.

Ia pun memastikan, jika anak atau cucu usaha yang akan dirasionalisasi memiliki kerjasama komersial dengan pihak swasta, maka Garuda memastikan proses itu akan tetap berjalan dengan entitas yang berbeda. Artinya, klien tetap bisa melanjutkan hubungan bisnis dengan entitas yang menyerap atau entitas hasil merger.

(Baca: Tekan Beban Usaha selama 2019, Garuda Akhirnya Cetak Untung Rp 98 M)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...