Belum Ada Lampu Hijau, Rencana Anies Setop Operasional AKAP Batal

Image title
31 Maret 2020, 08:06
Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (30/3/2020). Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang sementara operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), bus antar jemput antarprovinsi (AJAP), dan bus pariwisata di Ibukot
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (30/3/2020). Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang sementara operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP), bus antar jemput antarprovinsi (AJAP), dan bus pariwisata di Ibukota mulai Senin (30/3) pukul 18.00 WIB batal dilaksanakan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar terkait pembatalan rencana penghentian operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP), Alasannya, Dinas Perhubungan (Dishub) lebih mengetahui detail pembatalannya.

"Itu nanti Kepala Dinas Perhubungan yang menjelaskan secara detail. Satu poin utamanya, Jakarta adalah episentrum dan kita berharap apa yang sekarang terjadi tidak menyebar ke seluruh Indonesia," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Senin (30/3).

Advertisement

Kebijakan penghentian operasional bus AKAP menurut Anies, diambil demi mencegah penyebaran virus corona. Penghentian operasional bus AKAP, ia katakan, merupakan salah satu upaya menuju karantina wilayah.

Kendati demikian, keputusan untuk melakukan karantina wilayah berada di kewenangan pemerintah pusat. "Kami di DKI Jakarta memang mengusulkan itu dan telah menyampaikan surat terkait dengan hal itu," kata dia.

Terkait dengan penghentian operasional bus AKAP, awalnya Pemprov DKI Jakarta berencana memberlakukannya mulai Senin (30/3) pukul 18.00. Rencana tersebut juga telah ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan, dengan mengeluarkan surat edaran kepada pihak-pihak terkait.

(Baca: Cegah Penularan Corona, Kemenhub Sarankan Mudik Lebaran Dilarang)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement