UN Ditiadakan, Nadiem Hanya Izinkan Ujian Sekolah Secara Online

Rizky Alika
24 Maret 2020, 17:49
Sejumlah siswa menyimak pengarahan terkait ditundanya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Pariwisata Dalung, Badung, Bali, Senin (16/3/2020). Pemerintah Provinsi Bali memutuskan untuk menunda pelaksanaan UNBK jenjang SMK di seluruh
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Sejumlah siswa menyimak pengarahan terkait ditundanya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Pariwisata Dalung, Badung, Bali, Senin (16/3/2020). Pemerintah Provinsi Bali memutuskan untuk menunda pelaksanaan UNBK jenjang SMK di seluruh wilayah Bali sampai dengan batas waktu yang belum ditetapkan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran COVID-19 atau virus Corona di lingkungan satuan pendidikan.

Meski pemerintah secara resmi meniadakan Ujian Nasional (UN), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim memperbolehkan setiap institusi pendidikan menggelar ujian sekolah tanpa tatap muka.

Ujian sekolah bisa dilakukan dengan dua opsi, yaitu ujian secara online atau dengan menggunakan nilai siswa selama lima semester terakhir. Opsi tersebut bisa ditentukan oleh masing-masing sekolah.

"Tapi tidak diperkenankan melakukan tes tatap muka, yang mengumpulkan siswa dalam ruang kelas," kata Nadiem saat menggelar video conference, Selasa (24/3).

Nadiem menambahkan, pemerintah juga tidak akan memaksa ujian sekolah harus mengukur ketuntasan capaian kurikulum sampai semster terakhir yang terdampak pandemi corona.

Seiring dengan dibukanya opsi ujian sekolah online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya mencari bantuan subsidi data untuk platform pembelajaran online. Nadiem menyatakan, lebih dari 10 mitra platform online telah dianjurkan ke berbagai sekolah untuk melakukan pembelajaran menggunakan internet.

Ia pun mengakui, ada tantangan pada sejumlah daerah atau rumah tangga yang tidak memiliki akses gawai dan koneksi internet. Namun, Nadiem berkomitmen untuk memaksimalkan akses internet pada siswa.

(Baca: DPR dan Nadiem Makarim Sepakat UN Ditiadakan karena Pandemi Corona)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...