Angkasa Pura I Perketat Pengawasan dan Kebersihan di Bandara

Image title
17 Maret 2020, 18:24
Angkasa Pura I Perketat Pengawasan dan Kebersihan di Bandara
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia.

Upaya memitigasi paparan virus corona terus diupayakan oleh perusahaan jasa transportasi, salah satunya PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I. Direktur Pemasaran & Pelayanan AP I Devy Suradji menyatakan, pihak API I merespons pandemi virus corona dengan beberapa langkah.

Pertama, bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan di tiap bandara AP I untuk memeriksa penumpang internasional dan domestik melalui pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner dan thermal gun.

Kedua, AP I mengalokasikan tambahan 100 unit thermal gun untuk petugas di lapangan, untuk meningkatkan pengawasan terhadap kondisi kesehatan penumpang di bandara. AP I juga mensosialisasikan bahaya virus corona dan pencegahannya kepada seluruh penumpang, melalui penayangan digital poster pada giant wall di area publik.

Sementara itu, AP I aktif menginstruksikan kepada petugas pemeliharaan untuk melakukan pembersihan berulang secara menyeluruh pada fasilitas, peralatan dan perangkat yang digunakan di ruang publik di lingkungan bandara dan kantor AP I.

"Fasilitas-fasilitas ini mencakup toilet, seluruh bangku di terminal, kids zone, reading corner, nursery room, internet corner, handgrip eskalator, tombol lift, tombol di kiosk check-in, trolley, dan lainnya," ujar Devy kepada Katadata.co.id, Selasa (17/3).

(Baca: Pemerintah Larang WNA yang Pernah ke 6 Negara Masuk Indonesia)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...