PGE Lahendong Bakal Mengebor Satu Sumur Baru Kuartal II 2020

Image title
13 Maret 2020, 16:55
Ilustrasi, aktivitas PLTP Pertamina Geothermal Energy
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi, aktivitas PLTP Pertamina Geothermal Energy

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Lahendong, Sulawesi Utara menyatakan, akan melakukan pengeboran satu sumur baru pada akhir kuartal II 2020.

Pengeboran sumur baru ini dilakukan PGE Lahendong sebagai bagian dari pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong Unit 7 dan 8, sehingga mampu menjaga ketersediaan pasokan di wilayah Sulawesi Utara.

Manager Planning & Engineering PGE Lahendong Apriyansyah Toni menjelaskan, sebanyak 20% sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo berasal dari PLTP Lahendong. Secara keseluruhan PGE mempunyai enam unit PLTP, dengan Unit 1 hingga Unit 4 memproduksi uap dan dioperasikan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan kapasitas 80 Mega Watt (MW).

Sementara, Unit 5 dan Unit 6 dioperasikan sendiri oleh perusahaan, dengan total kapasitas produksi 40 MW, yang disalurkan ke PLN. Saat ini, PGE Lahendong tengah mempersiapkan pembangunan di cluster A sebagai wilayah pengembangan untuk memulai pengeboran di sumur baru, untuk unit 7 dan 8.

"Kami akan lakukan pengeboran satu sumur terlebih dahulu, setelah itu satu sumur akan kami lakukan evaluasi," ujar Apriyansyah saat ditemui di Sulawesi Utara, Jumat (13/3).

(Baca: Cadangan Terbesar Dunia, Pertamina Genjot Pengembangan Panas Bumi)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...