Para Pejabat Keuangan G20 Tak Akan Bahas Penyelesaian Perang Dagang

Image title
8 Juni 2019, 14:43
negara-negara G20, konflik perdagangan AS-Tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, penasehat keamanan nasional AS John Bolton dan Presiden China Xi Jinping menghadiri jamuan makan malam setelah ktt pemimpin negara G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12).

Para pemimpin keuangan negara-negara G20 tidak akan mengumbar janji-janji menghindari kebijakan proteksionisme dalam pernyataan resmi pertemuan G20 hari Minggu (9/6) di tengah peningkatan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Mengutip Reuters, Sabtu (8/6), upaya pencapaian kata sepakat agaknya memang sulit tercapai. Terlihat pada pernyataan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang mengungkapkan, bahwa pertemuan antara dirinya dengan Gubernur Bank Sentral Tiongkok atau People's Bank of China, Yi Gang, tidak akan menjadi "pertemuan negosiasi" tentang masalah perdagangan.

Pernyataan Mnuchin ini kian memperkuat pandangan bahwa akan ada sedikit terobosan dalam perselisihan antara dua ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Salah satu pejabat yang menghadiri pertumuan G20 menyebut, konflik perdagangan yang tak kunjung usasi ini membuat perancangan statement atau pernyataan sikap G20 semakin sulit dan beresiko menyumbat jalannya diskusi pertemuan G20.

(Baca: Ancaman Perang Dagang Amerika yang Memicu Resesi Ekonomi Dunia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...