Pasca Bom Bunuh Diri, Pengamanan Bandara dan Pelabuhan Ditingkatkan

Image title
4 Juni 2019, 15:41
tindakan pengamanan, upaya peningkatan pengamanan, bom bunuh diri Kartasura
Antara | Aloysius Jarot Nugroho
Tim Inafis Polres Sukoharjo melakukan olah tempat kejadian perkara ledakan di Pospam Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019). Terduga pelaku pembawa bom yang terjadi pada Senin (3/6/2019) malam tersebut kritis dan masih mendapat perawatan medis.

Pasca ledakan bom bunuh diri di Simpang Tiga Tugu Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (3/5) malam, tindakan pengamanan segera ditingkatkan di beberapa titik.

Mengutip Antara, Selasa (4/6), di Solo tindakan pengamanan diperketat pada Bandara Internasional Adi Soemarno, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Hal ini diungkapkan oleh Pejabat Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo Danar Dewi.

Advertisement

Upaya peningkatan keamanan di Adi Soemarno dilakukan dengan pengecekan ketat setiap kendaraan yang masuk area terminal. "Pengecekan ini termasuk menggunakan alat metal detektor," ujar Danar.

Dalam menjalankan peningkatan pengamanan ini pihak Bandara Adi Soemarno dibantu oleh Aviation Security Bandara dan anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Lanud Adi Soemarmo.

Tak hanya Bandara Adi Soemarno, peningkatan keamanan juga dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Manajer Humas KAI Daop VI Eko Budiyanto mengatakan sebagai langkah antisipasi terkait ledakan tersebut, KAI meningkatkan pengamanan dengan menerjunkan anjing pelacak dan menyiagakan petugas gabungan.

"Kami melibatkan personel gabungan dari TNI, Polri, dan Polsuska. Kami juga menerapkan sistem buka tutup," katanya.

(Baca: Polisi: Pelaku Bom Bunuh Diri di Kartasura Terpapar Gerakan ISIS)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement