Tiga Kapal TNI-AL Bantu Angkut 3.000 Pemudik di Balikpapan

Image title
3 Juni 2019, 21:50
Kemenhub, kapal laut, pemudik, mudik lebaran 2019
ANTARA FOTO/MUHAMAD HAMZAH
Ilustrasi, kepadatan arus mudik lewat jalur laut terlihat pada sejumlah penumpang yang naik ke kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu malam (26/5/2019).

Mudik Lebaran 2019 di Balikpapan, Kalimantan Timur hampir saja berakhir tidak menyenangkan. Pasalnya, ada sekitar 3.000 pemudik yang tidak terangkut kapal laut di Balikpapan, lantaran kapal laut yang tersedia sudah melebihi kapasitas.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (3/6). Ia menjelaskan, tidak terangkutnya 3.000 orang ini disebabkan karena para pemudik tersebut langsung mendatangi pelabuhan, sebelum memesan tiket terlebih dahulu.

Advertisement

Alhasil, prediksi jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut akhirnya meleset, karena ada 3.000 orang yang berasal dari wilayah perkebunan di Kalimantan, tidak melakukan pemesanan, melainkan langsung datang ke pelabuhan.

Untuk mengatasinya masalah ini, Kemenhub segera melakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak, agar bisa mendapatkan kapal di dekat perairan Kalimantan. Akhirnya, setelah berusaha, didapatilah tiga kapal yang tersedia saat itu, yakni kapal milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL).

"Saya mengucapkan terimakasih kepada TNI AL yang memberikan tiga kapal tambahan dan kerja sama dengan CSR BUMN," kata Budi.

(Baca: H-4, 156.418 Pemudik Menyeberangi Selat Sunda dengan Lancar)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement