Komisi Yudisial Buka Pendaftaran Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc

Image title
28 Mei 2019, 15:52
Komisi Yudisial, Mahkamah Agung, KY, MA, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, calon Hakim Agung
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Joko Widodo selaku Presiden Indonesia (tengah) memberikn sambutan dalam acara sidang Pleno Istimewa, Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakrta (27/2).

Komisi Yudisial (KY) membuka pendaftaran calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung (MA) tahun 2019. Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY, Aidul Fitriciadi Azhari menyebutkan, kebutuhan yang diajukan MA terdiri dari sebelas orang Hakim Agung dan sembilan Hakim Ad Hoc.

Terkait sebelas sebelas posisi Hakim Agung yang diajukan, rinciannya empat empat orang untuk kamar perdata, tiga orang untuk kamar pidana, dua orang untuk kamar militer, satu orang untuk kamar agama dan satu orang untuk kamar Tata Usaha Negara dengan keahlian khusus pajak

Advertisement

Aidul menyebutkan, ada kekosongan posisi karena ada beberapa Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc yang telah habis masa jabatannya maupun persoalan lain.

Nama-nama tersebut antara lain, Suwardi, Abdurahman, Soltoni Mohdally, dan H. Soronida Nasuiton dari kamar Perdata.

Selajutnya ada nama Artidjo Alkostar, Wahidin dan Sumardijatmo dari kamar pidana serta Timur P. Manurung dan Gayus Lumbun dari kamar militer. Terakhir,  Muchtar Zamzami dari kamar Agama.

Sedangkan, untuk jabatan Hakim Ad Hoc, rinciannya ada tiga Hakim Ad Hoc tindak pidana korupsi dan enam Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial.

"Untuk hakim Ad Hoc hubungan industrial Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sebanyak tiga orang dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh tiga orang," ujar Aidul di Jakarta, Selasa, (28/5).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement