SBY: Secara Ksatria Kita Harus Menerima Hasil Pemilu 2019

Dimas Jarot Bayu
27 Mei 2019, 23:49
SBY, AHY, Pemilu, Pemilu 2019
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat sambutan Rapat Kerja Nasional di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Senin (8/5).

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan dirinya menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

SBY menegaskan tak mau mempermasalahkan jika Demokrat hanya memperoleh suara sebesar 7,7%, turun dibandingkan Pemilu 2014 yang sebesar 10,19%.

Advertisement

"Secara ksatria kita harus menerima hasil Pemilu itu," kata SBY dalam rekaman video dari Singapura yang diputar di kediamannya, Jakarta, Senin (27/5).

SBY mengatakan, dirinya secara pribadi dan Demokrat menjunjung tinggi nilai dan etika untuk menerima kekalahan. Hal tersebut, lanjutnya, telah diterapkan bahkan sebelum Demokrat didirikan.

Menurut SBY, dirinya pada pemilihan wakil presiden putaran kedua pada 2001 silam sempat kalah. Ketika itu, perolehan suara SBY untuk mendampingi Megawati Soekarnoputri berada di bawah Hamzah Haz dan Akbar Tandjung. Akhirnya, Hamzah Haz lah yang akhirnya mendampingi Megawati.

SBY mengatakan, ia didampingi Ani Yudhoyono sekian jam setelah adanya pengumuman langsung memberikan pernyataan untuk menerima kekalahan.

"Saya ucapkan selamat kepada wapres terpilih dan selanjutnya meminta para konstituen mendukung wapres terpilih," kata SBY.

Hal serupa SBY lakukan pada Pemilu Legislatif 2014. SBY mengatakan dirinya langsung mengucapkan selamat kepada partai-partai yang perolehan suaranya di atas Demokrat setelah hasil hitung cepat selesai.

Ketika itu, perolehan suara Demokrat dikalahkan oleh PDIP, Golkar dan Gerindra. Elektabilitas PDIP pada Pemilu 2014 sebesar 18,95%. Golkar dan Gerindra menyusul di bawahnya dengan perolehan suara masing-masing sebesar 14,75% dan 11,81%.

"Saya ucapkan selamat kepada tiga partai politik yang perolehan suaranya di atas Demokrat," ujar SBY.

(Baca: Ucapkan Selamat kepada Jokowi, SBY: Demokrat Terima Hasil Pemilu)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement