Indonesia Gandeng Argentina Demi Tekan Defisit Neraca Dagang

Rizky Alika
27 Mei 2019, 18:31
defisit neraca perdagangan, Indonesia-Argentina, Menteri Perdagangan
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, aktivitas ekspor-impor

Pemerintah menjalin kerja sama dengan Argentina demi menekan defisit neraca perdagangan. Kerja sama antara Indonesia dan Argentina menurut Menteri Perdagangan (Mendag) diwujudkan dengan meningkatkan counter trade atau keseimbangan ekspor dan impor kedua negara.

"Mereka berharap kita masih membeli banyak produk Argentina. Lalu, saya mengatakan kepada Argentina, harus ada keseimbangan. Indonesia akan menyerap produk Argentina, dan Argentina juga menyerap produk Indonesia," ujar Mendag Enggartiasto Lukita di Jakara, Senin (27/5).

Oleh karena itu, pemerintah mendorong joint feasibility study dengan Argentina. Artinya, perjanjian perdagangan kedua negara ditingkatkan dengan memberlakukan tarif yang rendah untuk produk impor masing-masing negara.

Joint feasibilty study akan dilakukan dengan Mercosur (persatuan negara-negara Amerika Selatan) dan perjanjian bilateral Indonesia-Argentina.

Joint feasibility study ini ditargetkan selesai dalam beberapa bulan ke depan. Selain itu, joint working group akan dilakukan dengan membahas setiap kasus untuk counter trade yang akan dilakukan.

Enggar pun mengatakan skema kerja sama yang dilakukan tidak menggunakan skema government to government (G-to-G), karena skema ini memakan waktu lama.

Ia menjelaskan, bila membangun kerja sama G-to-G diperlukan pembahasan antar kementerian dan lembaga. Sementara itu, kerja sama harus dilakukan dengan cepat agar tidak tertinggal dengan negara tetangga.

(Baca: Atasi Defisit Neraca Dagang, Jokowi Ajak Pengusaha Dorong Ekspor)

"Terlebih lagi, prospek ekonomi dunia diperkirakan melambat. Inflasi di AS pasti naik sehingga daya beli akan turun," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...