Polda Lampung Perpanjang Pengamanan dan Pemeriksaan di Bakauheni

Selain memperpanjang pengamanan dan pemeriksaan di Bakauheni, Polda Lampung berkoordinasi dengan TNI dan melakukan patroli sebagai tindakan preventif.
Image title
Oleh Antara
23 Mei 2019, 07:45
Polda Lampung, Bakauheni, aksi di depan kantor Bawaslu
ANTARA FOTO/ARDIANSYAH
Anggota Kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap bus dan travel di Jalan Lintas Barat Soekarno-Hatta Bandar Lampung, Lampung Senin (20/5/2019). Pemeriksaan terhadap bus dan travel itu untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa ke Jakarta terkait pengumuman hasil pemilihan presiden pada Rabu, 22 Mei 2019 di KPU.

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memutuskan untuk memperpanjang kegiatan pengamanan dan pemeriksaan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Mengutip Antara, Kamis (23/5), pengamanan dan pemeriksaan dilakukan kepada masyarakat yang ingin menuju Jakarta, untuk melakukan aksi di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Perpanjangan kegiatan pengamanan dan pemeriksaan ini dipicu oleh kerusuhan di Jakarta, yang masih belum ada tanda-tanda untuk selesai.

"Tadinya batas waktu sampai tanggal 23 Mei, sekarang kita perpanjang sampai tanggal 25 Mei sambil kita lihat perkembangan kembali," kata Wakapolda Lampung Kombes Pol Rudi Setiawan di Bandar Lampung, Rabu malam.

Selain melakukan pengamanan dan pemeriksaan, Polda Lampung juga mengimbau agar masyarakat Lampung tidak terpengaruh seruan atau ajakan untuk mengikuti aksi di Jakarta. Rudi mengingatkan masyarakat Lampung agar lebih mengedepankan ciri khas masyarakat Lampung, yakni bersahabat dan cinta damai.

Advertisement

"Untuk itu tidak usah mengikuti kegiatan di Jakarta. Kita doakan semoga negara kita dalam keadaan aman dan persatuan kesatuan tetap terwujud. Untuk itu tetap tenang bahwa Lampung dalam keadaan aman," ujar Rudi.

(Baca: Waktu Demonstrasi Telah Habis, Massa di Depan Bawaslu Ricuh)

Ia menambahkan, Polda Lampung akan terus berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk memastikan kondisi Lampung tetap aman dan kondusif.

Selain itu, Polda Lampung dan TNI akan tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ia memastikan bahwa Lampung tidak terpengaruh dengan adanya aksi di Jakarta.

Sebagai tindakan preventif, Polda Lampung akan terus melakukan patroli di beberapa objek vital di Lampung, yakni Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Kantor Gubernur, Kantor Wali Kota dan Kantor Bupati.

Ia mengungkapkan, patroli tidak hanya dilakukan di kantor KPU dan Bawaslu provinsi saja, melainkan juga di kabupaten.

(Baca: Negara Asing Sudah Ingatkan Potensi Rusuh)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait