Jokowi Perintahkan Tindak Tegas Para Pelaku Kerusuhan 22 Mei

Michael Reily
22 Mei 2019, 17:39
Jokowi, kerusuhan 22 Mei
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasangan terpilih Jokowi-Ma'ruf berada di Kampung Deret usai memberikan pidato keemangan, Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat (21/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait kerusuhan yang terjadi usai pengumuman rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia meminta TNI dan Polri untuk menindak tegas pelaku kerusuhan yang merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya tidak memberikan toleransi kepada siapapun yang mengganggu keamanan, yang mengganggu proses demokrasi, yang mengganggu persatuan negara yang amat kita cintai, terutama perusuh-perusuh," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/5).

Jokowi menjelaskan, ia memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan sebagai kepala negara. Ia mengingatkan, bulan Ramadan seharusnya menjadi momen masyarakat untuk berbuat baik. Apalagi, Indonesia mengedepankan demokrasi.

(Baca: Wiranto: Pelaku Demontrasi Rusuh Diduga Preman dan Dibayar Rp 6 Juta)

Jokowi menegaskan tidak akan menyediakan ruang untuk para perusuh. Dia juga tidak memberikan pilihan kepada orang-orang yang mengganggu stabilitas pertahanan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...