Ucapkan Selamat kepada Jokowi, SBY: Demokrat Terima Hasil Pemilu

Dimas Jarot Bayu
22 Mei 2019, 06:54
SBY, Jokowi-Ma'ruf, Pemilu 2019
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat sambutan Rapat Kerja Nasional di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Senin (8/5).

Presiden Republik Indonesia keenam sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan yang diraih Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019. Ucapan itu disampaikan SBY melalui sebuah video yang diunggah di Youtube, Rabu (22/5) dini hari.

"Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Jokowi dan Bapak Ma'ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden RI ke-6, atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang," kata SBY.

SBY menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad Jokowi-Ma'ruf yang akan memperjuangkan keadilan sosial dan persatuan dalam memimpin Indonesia pada 2019-2024. Menurut SBY, komitmen tersebut ditunggu dan diharapkan oleh rakyat setelah Pemilu usai.

SBY pun menilai usainya Pemilu merupakan momentum bersatunya kembali bangsa Indonesia yang hampir setahun berada dalam kontestasi dan polarisasi politik. "Ini juga awal yang indah bagi terbasuhnya luka di antara anak bangsa, serta bagi rekonsiliasi bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat," kata SBY.

(Baca: Hasil Rekapitulasi KPU: Jokowi-Ma'ruf Menangkan Pilpres 2019)

Dalam video berdurasi 9 menit 23 detik itu, SBY juga bersyukur karena calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menyampaikan penolakan atas hasil Pemilu 2019 secara konstitusional. Menurut SBY, langkah konstitusional itu bakal ditempuh Prabowo dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...