Ombudsman Anggap KPU Lalai Sehingga Banyak Petugas KPPS Meninggal

Image title
20 Mei 2019, 14:38
Ombudsman, KPU, Bawaslu, KPPS
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala.

Ombudsman Republik Indonesia (RI) menduga Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan kelalaian mengantisipasi resiko kesehatan yang menimpa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner Ombudsman RI,  Adrianus Meliala menyebut, KPU lalai karena memprediksi jalannya Pemilu 2019 sama seperti Pemilu sebelumnya.

Padahal, penyelenggaraan Pemilu 2019 seharusnya sudah disadari KPU jauh berbeda ketimbang Pemilu sebelumnya, karena inilah kali pertama Pemilu serentak dilaksanakan.

"Seakan-akan karena pemilu yang lalu situasinya biasa saja, maka tidak perlu ada prosedur yang diubah atau disesuaikan," ungkap Adrianus dalam sesi konferensi pers bertajuk 'Memahami Kematian Petugas KPPS Dalam Perspektif Pelayanan Publik' di Jakarta, Senin (20/5).

Ombudsman juga menilai KPU dan Bawaslu tak sigap mengantisipasi timbulnya korban. Pasalnya, Ombudsman selama ini lebih sering mendengar pembahasan terkait faktor teknis dari KPU ketimbang faktor kesehatan.

Meski demikian, Ombudsman juga menilai faktur kesukarelaan dalam diri petugas KPPS juga berpengaruh. Sebab, adanya indikasi faktor kesukarelaan yang ada dalam diri petugas KPPS membuat waktu kerja petugas KPPS terkesan berlebihan. Ditambah lagi faktor ketidaktahuan petugas KPPS terkait resiko yang akan terjadi dalam diri mereka.

(Baca: Ombudsman: Ratusan Petugas KPPS Gugur Merupakan Kesalahan Negara)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...