Ma'ruf Amin Minta Elite Politik Tidak Hasut Rakyat Turun ke Jalan

Dimas Jarot Bayu
17 Mei 2019, 20:02
Ma'ruf Amin, Pemilu 2019
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin meminta para elite politik tidak menghasut masyarakat melakukan aksi turun ke jalan atau people power pada 22 Mei 2019. Ma'ruf pun meminta para elite politik untuk bisa mengikuti aturan yang telah berlaku terkait Pemilu 2019.

"Para elite tentu harus bisa menahan diri untuk mengikuti saja apa yang menjadi aturan main yang sudah disepakati," kata Ma'ruf di Posko Cemara, Jakarta, Jumat (17/5).

Jika ada perselisihan terkait Pemilu 2019, Ma'ruf menilai sudah ada mekanisme yang telah disediakan, baik melalui Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi (MK). Dia pun meminta mekanisme tersebut digunakan semua pihak untuk menyelesaikan perselisihan Pemilu 2019.

Dia meminta tak ada pihak yang berupaya menyelesaikan masalah di luar mekanisme hukum tersebut. "Jadi yang sesuai jalur saja, jadi berjalan di atas rel, agar tidak terjadi disharmoni, berjalan sesuai aturan yang sudah disepakati, dan harus diterima semuanya," kata Ma'ruf.

(Baca: Mantan Ketua MK Ingatkan Ketidakpuasan Lebih Baik Dibawa ke MK)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...