Situng KPU Capai 74,11%, Jokowi Unggul 14 Juta Suara atas Prabowo

Image title
9 Mei 2019, 15:49
Pilpres 2019, Situng KPU, rekapitulasi suara KPU
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Data penghitungan suara Pilpres 2019  yang ditampilkan dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mencapai 74,11 %. Data tersebut berasal dari 602.812 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hasil sementara Situng KPU pukul 15.30 menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul 14.147.856 suara atas lawannya, paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Situng KPU menunjukkan Jokowi-Ma'ruf unggul di 21 provinsi,  dengan 63.835.052 suara atau 56,23 %. Sedangkan wilayah yang menunjukkan keunggulan Prabowo-Sandiaga sebanyak 13 provinsi yang meraih 49.687.196 suara atau 43,77%.

Jokowi-Ma'ruf tercatat unggul di Sumatera Utara, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Sedangkan Prabowo-Sandiaga unggul di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.

Dilihat dari sebaran wilayah atau provinsi, Jokowi-Ma'ruf terlihat lebih merata ketimbang Prabowo-Sandiaga. Di Sumatera misalnya, Jokowi-Ma'ruf mampu menang di empat provinsi dari total 10 provinsi. Sementara, di Pulau Jawa Jokowi-Ma'ruf berhasil menang di empat provinsi dari total enam provinsi.

(Baca: Alasan Kubu Prabowo Minta Situng KPU Dihentikan)

Di Pulau Kalimantan hasilnya justru mencolok, sebab Prabowo-Sandiaga hanya berhasil unggul di satu provinsi saja, yakni Kalimantan Selatan. Sementara, sisanya menjadi wilayah kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Pun demikian dengan situasi di wilayah timur, Jokowi-Ma'ruf jauh lebih unggul ketimbang Prabowo-Sandiaga. Di wilayah Indonesia bagian timur, Jokowi-Ma'ruf berhasil unggul di Maluku, Papua dan Papua Barat Sedangkan, Prabowo-Sandiaga hanya mampu menang di Maluku Utara.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...