Sandiaga: Temuan C1 yang Untungkan Salah Satu Pihak Harus Diselidiki

Image title
6 Mei 2019, 21:47
Bawaslu, Sandiaga Uno, Formulir C1
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menunjukkan surat suara sebelum menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 di TPS 02, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengaku belum mengetahui perihal temuan ribuan formulir C1 di daerah Menteng, Sabtu (4/5) lalu oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Namun, Sandiaga menyebut bahwa permasalahan temuan ribuan formulir C1 tersebut kemungkinan akan dibahas pada pertemuan antara Prabowo Subianto dengan perwakilan kedutaan asing dan media internasional.

Lantaran belum mendapatkan informasi mengenai temuan tersebut, Sandiaga menyarankan agar permasalahan ini lebih baik diklarifikasikan ke tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Pasalnya, proses penghitungan formulir C1 merupakan bagian dari tugas BPN.

“Itu nanti coba diklarifikasi saja oleh BPN, formulir C1 kan bagian dari proses penghitungan yang dilakukan oleh BPN, selain itu Seknas BPN kan salah satu sentra pengumpulan C1 dari relawan juga,” ujar Sandiaga di Jakarta, Senin (6/5).

Sandiaga juga menjanjikan bahwa dirinya akan memberikan penjelasan mengenai mekanisme pengumpulan data C1 yang diterima dan diproses oleh BPN pada Rabu (8/5) mendatang.

Ia mengungkapkan, jika nantinya memang benar terjadi laporan mengenai temuan ribuan formulir C1 yang menguntungkan pihaknya, ia menyarankan agar segera dapat ditindaklanjuti dan diselidiki secara mendalam.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...