LSI Merinci Lima Hal yang Jadi Kunci Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Image title
2 Mei 2019, 16:17
Pilpres 2019, Jokowi, Prabowo
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) menyapa pendukung usai memantau hasil hitung cepat di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa mengatakan ada lima alasan utama terkait kemenangan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin atau Jokowi-Ma'ruf pada pemilu presiden 2019 (Pilpres 2019).

Mengutip Antara, Adrian menyebut kepuasan mayoritas rakyat Indonesia pada kinerja Jokowi menjadi penyebab pertama Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dibandingkan paslon nomor 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga). Adrian menyebut tingkat 'approval rating' Jokowi mencapai 69,5% berdasarkan exit poll 17 April 2019.

"Mereka yang menyatakan tidak puas hanya 25,6%, sementara 4,9% menyatakan tidak tahu/tidak jawab," kata Ardian Sopa dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/5).

Lewat angka tersebut, ia menjelaskan artinya kurang lebih 7 dari 10 pemilih yang datang ke TPS menyatakan puas dengan kinerja Jokowi sebagai Presiden.

Kedua, Adiran memandang Jokowi memiliki sejumlah program populis yang diketahui luas dan disukai. Sejumlah program Jokowi yang dikenal luas dan disukai antara lain Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), pembangunan infrastruktur, dana desa dan beras sejahtera (rastra).

"Program-program ini dikenal rata-rata di atas 70 % dan rata-rata di atas 60% disukai masyarakat," ujar Adrian.

Alasan ketiga menurut Ardian, Jokowi-M'aruf memiliki tiga basis pemilih utama dan loyal, yaitu pemilih minoritas (83,1%), pemilih wong cilik (56,4%) dan pemilih NU (53,8%). Keunggulan Jokowi-Maruf di tiga segmen pemilih tersebut sangat penting karena menjadi kunci kemenangan di Pilpres 2019.

(Baca: Real Count KPU 58,7%, Jokowi Unggul 10,8 Juta Suara dari Prabowo)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...