Partai Demokrat Laporkan Dana Kampanye Pileg Senilai Rp 190 Miliar

Meski dana kampanye untuk Pileg 2019 turun dibandingkan Pileg 2014, Partai Demokrat tetap puas, karena mampu meraih suara yang signifikan.
Dimas Jarot Bayu
2 Mei 2019, 15:34
Partai Demokrat, Demokrat
ANTARA FOTO/Moch Asim
Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) menyampaikan pidato politik berjudul Indonesia untuk Semua di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). Dalam pidato politiknya tersebut diantaranya AHY meminta seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilih pada 17 April mendatang.

Partai Demokrat telah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (2/5). Total dana yang diterima maupun dikeluarkan Demokrat selama penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mencapai Rp 190 miliar.

Jumlah dana kampanye yang dikeluarkan Demokrat tahun ini menurun jika dibandingkan pada Pileg 2014 lalu. Pada Pileg 2014, Demokrat tercatat mengeluarkan dana kampanye sebesar Rp 309 miliar.

Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, dana kampanye paling besar berasal dari para calon anggota legislatif Demokrat, yakni senilai Rp 180 miliar. Dana yang berasal dari partai sebesar Rp 3,8 miliar. Sisanya berasal dari sumbangan perorangan.

"Dari Pak SBY (Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono) sendiri Rp 2,485 miliar. Ada juga dari Ibu Ani (istri SBY, Ani Yudhoyono) sekitar Rp 1 miliar," kata Hinca di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/5).

Advertisement

(Baca: Dana Kampanye Golkar untuk Pileg 2019 Capai Rp 307 Miliar)

Menurut Hinca, dana paling besar digunakan untuk kampanye caleg dan pemasangan alat peraga kampanye (APK). Ada pun Hinca menyebut Demokrat saat ini tidak banyak beriklan di media massa. Prorata menurut Hinca pengeluaran iklan Demokrat sekitar Rp 4 miliar.

Meski dana yang diterima dan dikeluarkan pada Pileg 2019 menurun, Hinca mengaku cukup puas dengan hasil kampanye Demokrat saat ini. Sebab, Demokrat masih bisa mendapatkan perolehan suara signifikan dalam Pileg 2019.

Berdasarkan hasil perhitungan riil KPU hingga Kamis (2/5) siang, Demokrat memperoleh suara sebesar 8,24%. Demokrat menempati posisi kelima setelah PDIP, Golkar, Gerindra dan Nasdem. "Saya kira (perolehan suara Demokrat) signifikan lah. Karena ini angka yang sangat sederhana dan tidak terlalu besar dibandingkan (Pileg) yang lalu," kata Hinca.

Selain Demokrat, sudah ada delapan partai yang telah menyampaikan LPPDK kepada KPU, yakni PKS, Nasdem, Gerindra, PDIP, PKB, PKPI, PSI, dan Golkar. LPPDK PKS tercatat sebesar Rp 150 miliar, Nasdem Rp 259 miliar, Gerindra Rp 134,7 miliar, PDIP Rp 345,02 miliar. Kemudian, LPPDK PKB sebesar Rp 142 miliar, PKPI Rp 6,29 miliar, PSI Rp 84,6 miliar, Golkar sebesar Rp 307 miliar.

(Baca: Iklan TV Tak Lagi Mampu Mendongkrak Suara Parpol di Pemilu)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait