Partai Demokrat Laporkan Dana Kampanye Pileg Senilai Rp 190 Miliar

Dimas Jarot Bayu
2 Mei 2019, 15:34
Partai Demokrat, Demokrat
ANTARA FOTO/Moch Asim
Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) menyampaikan pidato politik berjudul Indonesia untuk Semua di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). Dalam pidato politiknya tersebut diantaranya AHY meminta seluruh rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilih pada 17 April mendatang.

Partai Demokrat telah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (2/5). Total dana yang diterima maupun dikeluarkan Demokrat selama penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mencapai Rp 190 miliar.

Jumlah dana kampanye yang dikeluarkan Demokrat tahun ini menurun jika dibandingkan pada Pileg 2014 lalu. Pada Pileg 2014, Demokrat tercatat mengeluarkan dana kampanye sebesar Rp 309 miliar.

Sekretaris Jenderal Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, dana kampanye paling besar berasal dari para calon anggota legislatif Demokrat, yakni senilai Rp 180 miliar. Dana yang berasal dari partai sebesar Rp 3,8 miliar. Sisanya berasal dari sumbangan perorangan.

"Dari Pak SBY (Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono) sendiri Rp 2,485 miliar. Ada juga dari Ibu Ani (istri SBY, Ani Yudhoyono) sekitar Rp 1 miliar," kata Hinca di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/5).

(Baca: Dana Kampanye Golkar untuk Pileg 2019 Capai Rp 307 Miliar)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...