DPP PAN: Komitmen PAN dengan Prabowo Hanya Sampai Pilpres 2019

Image title
29 April 2019, 15:59
PAN, Pilpres 2019
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) dan Wakil Ketua DPP PAN Bara Hasibuan (kanan) memberikan keterangan di DPP PAN, Jakarta, Jumat (30/12).

Pertemuan antara Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara beberapa waktu lalu menimbulkan sejumlah kabar bahwa PAN akan menyeberang ke kubu Koalisi Indonesia Kerja periode dua.

Hal tersebut memang tidak menutup kemungkinan bisa terealisasi. Wakil Ketua DPP PAN Bara Hasibuan menjelaskan, jika komitmen antara PAN dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga hanya pada saat Pilpres 2019.

“Pada dasarnya komitmen PAN dengan Prabowo-Sandi hanya sampai pemilihan presiden,” ujar Bara di Jakarta, Senin (29/4). (Baca: Real Count Mencapai 51,49%, Prabowo Kian Sulit Kejar Jokowi)

Ia juga menegaskan bahwa kedepanya PAN memiliki hak penuh dalam menentukan masa depan partainya itu. Menurutnya, dukungan dan komitmen PAN kepada BPN benar-benar hanya sampai Pilpres, setelah itu Bara menyebut PAN memiliki otoritas penuh untuk menentukan arahnya sendiri, sebagai partai politik.

Pernyataan Bara ini menegaskan pernyataannya pekan lalu, ketika ia menyebut mengena repositioning yang akan dilakukan oleh PAN. Ia menilai segala keputusan yang nantinya akan diambil hanya semata mata kepentingan partai bahkan dirinya tidak menutup kemungkinan dengan bergabungnya PAN ke kubu Jokowi-Ma'ruf.

“Tentunya sesuai kepentingan partai dan kontribusi apa yang bisa kami lakukan untuk bangsa ini. Dan tentu kontribusi itu menentukan positioning apa yang akan kami lakukan untuk bangsa ini. Minggu lalu saya menyebutkan positioning , artinya terserah partai mau melaju kearah mana,” katanya kepada wartawan.

Namun Bara mengungkapan dirinya masih menunggu hasil real count yang dilakukan oleh KPU, baru setelah itu PAN akan menentukan sikap. Setelah real count Pilpres 2019 rampung, Bara menyebut arah PAN akan ditentukan melalui mekanisme institusional partai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...