Pengaktifan Kembali Jalur Kereta Api Cibatu - Garut Selesai Desember

Image title
27 April 2019, 11:57
Menhub, reaktivasi jalur kereta api
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kereta api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/9).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah tengah melakukan reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut guna mendukung perkembangan pariwisata dan perekonomian di Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan dalam acara kunjungan kolaborasi bersama tiga kementerian dan lembaga lainnya di Garut, Jumat (26/4).

Dalam keterangan resmi, Jumat (26/4), Menhub mengungkapkan, reaktivasi jalur kereta api ini merupakan program dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Ia mengungkapkan, reaktivasi Cibatu ke Garut merupakan tahap pertama untuk melanjutkan reaktivasi jalur kereta api selanjutnya.  "Jadi bukan terbatas di Garut saja tetapi juga ada yang di Cianjur, ada yang di Pangandaran dan sebagainya," ujar Menhub.

Advertisement

Menhub menjelaskan untuk program pendanaan reaktivasi jalur KA berasal dari kombinasi dari APBN, KAI dan Kerjasama Pemerintah dan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Reaktivasi tahap pertama ini rencananya akan selesai pada Desember 2019 dan beroperasi pada Februari 2020. Menhub mengharapkan, reaktivasi jalur-jalur lama ini akan mampu menghidupkan sektor ekonomi.

Lebih lanjut Menhub menyatakan, ada beberapa tempat yang akan dilakukan reaktivasi di Jawa Barat, yaitu Cibatu - Garut - Cikajang, Cianjur- Padalarang, Bandung-Ciwidey,Rancaekek - Tanjungsari - Kertajati, dan Banjar-Pangandaran-Cijulang. Untuk tahun 2019 pembangunan akan difokuskan ke Cibatu - Garut - Cikajang dan Cianjur - Padalarang.

"Tahun ini kita konsentrasi di dua tempat, satu  di Cibatu, kedua di Cianjur. Disini kurang lebih 60 sampai 70 Km, sedangkan di Cianjur kira-kira 50 km, targetnya selesai tahun ini," kata Menhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement