Divestasi Saham Freeport Indonesia Masih Tarik Ulur

Image title
27 April 2019, 09:00
Freeport Indonesia, Inalum
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, PT Freeport Indonesia

Pembagian saham 10% PT Freeport Indonesia senilai Rp 6 triliun melalui PT Inalum masih menjadi tarik ulur antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Mengutip Antara, Staf Khusus Inalum Marinus Yaung mengungkapkan, sejak kesepakatan perjanjian pengalihan saham dari Freeport MacMoran kepada Freeport Indonesia melalui Inalum pada 21 Desember 2018, proses penyelesaian kepemilikan saham 10% Pemprov Papua dan Pemkab Mimika belum selesai.

Advertisement

Untuk itu, menurutnya perlu dijelaskan tentang perkembangan proses divestasi 10% saham Freeport Indonesia kepada Pemprov Papua dan Pemkab Mimika, agar rakyat Papua dan juga 7 suku pemilik hak ulayat yang ada di Timika, Kabupaten Mimika, bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan proses divestasi ini dengan baik.

Menurutnya, persoalan yang mengemuka terkait divestasi saham Freeport Indonesia adalah belum adanya kata sepakat antara Pemprov Papua dan Pemkab Mimika soal komposisi pembagian saham 10% tersebut.

Dari saham sebesar 10%, Pemprov Papua mengacu pada Perda nomor 7 tahun 2018 tentang pembentukan PT Papua Divestasi Mandiri dengan pembagian saham masing-masing sebesar 51% untuk Pemprov Papua, 29% Pemkab Mimika dan 20% untuk kabupaten disekitar area pertambangan.

Sementara, Pemkab Mimika masih mengacu dengan perjanjian induk yang dilakukan dan ditandatangani oleh Pemerintah Pusat, Pemprov Papua dan Pemkab Mimika, Kementerian Keuangan dan SDM serta PT Inalum pada 12 Januari 2018 di Kantor Kementerian Keuangan di Jakarta.

Dalam isi perjanjian induk yang mengatur komposisi kepemilikan saham 10% Freeport Indonesia lewat Inalum, Pemprov Papua mendapat 3% dan Pemkab Mimika mendapat 7%.

"Inilah yang masih menjadi tarik ulur oleh kedua pihak. Pemprov Papua mau seusai Perda nomor 7 tahun 2018, sementara Pemkab Mimika masih berpegang pada perjanjian induk," ujar Marinus.

(Baca: Gubernur Papua Jadwalkan Bertemu Freeport untuk Bahas Pembagian Saham)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement