Ketua KPU Minta Para Kandidat Pilpres 2019 Siap Menang dan Kalah

Dimas Jarot Bayu
14 April 2019, 08:39
Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum, KPU, Jokowi, Prabowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman (kedua kiri) sebelum mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta agar para kandidat dalam Pilpres 2019 siap untuk menang dan kalah. Ia memandang, seluruh pihak harus bisa menjaga ketenangan dan kedamaian serta segala persoalan antar kandidat dalam Pilpres 2019 hendaknya diselesaikan sesuai mekanisme yang berlaku.

"Jika ada persoalan, harus bisa diselesaikan di ruang-ruang yang telah ditentukan dalam peraturan dan perundang-undangan," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Arief juga meminta para peserta Pilpres 2019 tidak melakukan kampanye dalam waktu-waktu mendatang. Pasalnya, rangkaian kampanye sejak 23 September 2018 lalu telah berakhir pada hari ini.

(Baca: Ma'ruf Amin Sebut Reformasi Struktural Lebih Terasa sejak 2014)

Lebih lanjut, Arief meminta seluruh penyelenggara Pemilu untuk menuntaskan tugas-tugasnya. Hal itu dilakukan dengan tetap berpegang teguh pada prinsip kerja yang profesional, transparan, bertanggung jawab dan berintegritas.

Kepada para pemilih, Arief berharap pemilih telah mendapat referensi calon pemimpin yang akan mereka pilih setelah seluruh proses kampanye dan debat selesai dilakukan. Dengan demikian, para pemilih dapat berpartisipasi dalam proses pemungutan, penghitungan, rekapitulasi hingga penetapan hasil Pemilu secara nasional.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...