PSBB Jakarta 9 Hari, Separuh Kendaraan di Jalan Tol Langgar Aturan

Image title
20 April 2020, 13:33
Ilustrasi, Tol Jakarta-Cikampek. PT Jasa Marga Tbk menyebut, dari hasil pemeriksaan atas 2.863 kendaraan selama penerapan PSBB, tercatat 1.549 kendaraan atau 54% menyalahi ketentuan PSBB.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Ilustrasi, Tol Jakarta-Cikampek. PT Jasa Marga Tbk menyebut, dari hasil pemeriksaan atas 2.863 kendaraan selama penerapan PSBB, tercatat 1.549 kendaraan atau 54% menyalahi ketentuan PSBB.

Sembilan hari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) wilayah DKI Jakarta, lebih dari setengah kendaraan yang diperiksa menyalahi ketentuan

Dalam siaran pers, Senin (20/4), PT Jasa Marga Tbk menyebutkan, hasil pemeriksaan bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan terhadap 2.863 kendaraan selama penerapan PSBB, tercatat 1.549 kendaraan atau 54% menyalahi ketentuan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, data tersebut merupakan hasil pengumpulan dari dari tiga checkpoint yang terletak di akses Gerbang Tol (GT), yakni GT Tomang Tol Dalam Kota, GT Kapuk Tol Sedyatmo dan GT Cikunir 2 Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Menurutnya, presentase jumlah pelanggaran ketentuan PSBB secara harian masih fluktuatif. Pada hari pertama PSBB, pemeriksaan dilakukan pada 142 kendaraan dengan 81 unit atau 57% di antaranya melanggar ketentuan PSBB.

Pada hari berikutnya, jumlah pemeriksaan ditingkatkan menjadi 296 kendaraan, dengan temuan 196 kendaraan atau 66% melanggar ketentuan. Sementara, pada hari kesembilan atau Sabtu (18/4), dari 214 kendaraan yang diperiksa, terdapat 146 kendaraan atau 68%, melanggar ketentuan.

“Jenis kendaraan yang terbanyak melanggar adalah kendaraan kecil (44%) dan truk (40%). Sementara, jenis pelanggaran yang terbanyak tidak mengenakan masker (72%) dan jumlah penumpang melebihi ketentuan (19%),” kata Heru melalui siaran pers, Senin (20/4).

Di sisi lain, Jasa Marga mengambil langkah efisiensi untuk menekan biaya operasional, di tengah penurunan pendapatan tol akibat pandemi Covid-19. Meski demikian Jasa Marga memastikan, anggaran yang dipangkas adalah pos biaya overhead atau biaya umum dan administrasi.

(Baca: Jasa Marga Pantau Banyak Pengguna Jalan Langgar PSBB di Bogor)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...