Imbas Pandemi Covid-19, Kinerja BUMN Perikanan Turun & Tunda Ekspor

Image title
21 April 2020, 11:28
Ilustrasi, aktivitas di pasar ikan. Imbas adanya pandemi Covid-19, BUMN perikanan, Perinus dan Perindo mencatatkan penurunan produksi.
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Ilustrasi, aktivitas di pasar ikan. Imbas adanya pandemi Covid-19, BUMN perikanan, Perinus dan Perindo mencatatkan penurunan produksi.

Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum mereda, membuat kinerja dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perikanan turun dan menunda ekspor sepanjang kuartal I 2020.

PT Perikanan Nusantara (Perinus) mencatat, sepanjang kuartal I 2020 terjadi penurunan penangkapan ikan dari nelayan, sehingga pihaknya terpaksa menunda ekspor produk perikanan hingga 465 ton pada kuartal I 2020.

Advertisement

Direktur Utama Perikanan Nusantara, M. Yana Aditya mengungkapkan, supply ikan dari nelayan ke Perinus terus menurun setiap bulannya. Secara total, produksi Perinus sepanjang kuartal I 2020 mencapai 1.300 Kilogram (Kg).

Padahal, setiap bulan biasanya Perinus bisa mendapatkan ikan sebanyak 3.000 ton, sehingga mencanangkan target 2020 sebesar 33.000 ton. Dari sisi produksi, Perinus mengakui adanya kelangkaan ikan di kawasan Indonesia Timur.

“Beberapa pasokan dari Indonesia Timur berkurang,” kata Aditya pada saat rapat virtual bersama dengan Komisi VI DPR, Senin (20/4).

Selain itu, kata Aditya, selama kuartal I 2020 aktivitas ekspor ke negara-negara seperti Cina, Jepang, dan Korea Selatan mengalami penurunan imbas anjloknya permintaan global. Meski tidak mengungkapkan besarnya penurunan ekspor, Aditya mengungkap ekspor kuartal I 2020 di bawah enam kontainer.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi kelangkaan pangan, termasuk ikan, akibat pandemi Covid-19, Perinus akan memaksimalkan cold storage yang ada di Muara Baru, Jakarta Utara. Cold storage tersebut dikatakan Aditya, mampu menampung hingga 5.000 ton ikan.

(Baca: Kelebihan Impor, 150 Ribu Ton Garam Tak Terserap Pasar pada 2019)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement