Masuk Masa Panen Raya, Pemerintah Jamin Stok Beras Aman

Dimas Jarot Bayu
21 April 2020, 15:06
Ilustrasi, petani memanen padi. Pemerintah memastikan ketersediaan bahan pangan, terutama beras, aman menjelang Ramadan dan Idul Fitri, mengingat telah masuk masa panen raya.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Ilustrasi, petani memanen padi. Pemerintah memastikan ketersediaan bahan pangan, terutama beras, aman menjelang Ramadan dan Idul Fitri, mengingat telah masuk masa panen raya.

Pemerintah memastikan pasokan bahan pangan, terutama beras, tersedia saat Ramadan dan Idul Fitri 2020. Keyakinan ini ditopang oleh masuknya masa panen raya tiga bulan mendatang.

"Tentu harapannya stok beras menjelang Lebaran nanti mencukupi," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, usai rapat terbatas melalui video conference, Selasa (21/4).

Tak hanya beras, stok jagung juga diklaim tercukupi saat Ramadan dan Idul Fitri. Sementara, terkait bawang merah, Airlangga menyebut para petani akan segera melakukan panen raya di berbagai daerah, seperti Brebes, Jawa Timur dan Agam, Sumatera Barat.

Untuk memperkuat ketersediaan bahan pangan, pemerintah juga telah memberikan izin impor untuk bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging dan gula pasir. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan gula pasir saat ini, pemerintah mengalihkan gula rafinasi dari berbagai pabrik menjadi gula konsumsi.

"Impor bawang putih akan masuk dalam jumlah yang cukup jelang Lebaran. Untuk gula pasir, impor akan masuk bulan depan," ujarnya.

Adapun, Airlangga menyebut harga-harga kebutuhan pokok saat ini tidak banyak mengalami perubahan. Harga beras medium masih seharga Rp 12.000 per Kilogram (Kg) dan beras premium Rp 12.750 per Kg.

Kemudian, harga gula pasir di pasar tradisional tercatat senilai Rp 18.400 per Kg dan Rp 12.500 per Kg di pasar modern.

Lebih lanjut, harga cabe merah tercatat Rp 31.200 per Kg, bawang merah Rp 43.750 per Kg, bawang putih Rp 41.500 per Kg dan daging ayam Rp 28.450 per Kg. Sementara, daging sapi mengalami penurunan harga menjadi Rp 117.800 per Kg.

(Baca: Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta Ketersediaan Beras Dihitung Cermat)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...