Jalur Udara Terhambat PSBB, Usaha Logistik Andalkan Jalur Darat & Laut

Image title
28 April 2020, 19:32
Pekerja menata barang yang akan dikirim melalui kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Perusahaan logistik atas jasa pengiriman memaksimalkan distribusi jalur darat dan laut karena pengiriman jalur udara sedikit terhambat karena penerapan PSBB.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Pekerja menata barang yang akan dikirim melalui kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Perusahaan logistik atas jasa pengiriman memaksimalkan distribusi jalur darat dan laut karena pengiriman jalur udara sedikit terhambat karena penerapan PSBB.

Adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang diikuti dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat mobilitas masyarakat menurun. Meski memukul sejumlah industri, kondisi ini tidak berlaku untuk industri logistik atau jasa pengiriman.

Industri logistik memiliki peran krusial selama penerapan PSBB, sebab ketika mobilitas masyarakat turun akibat PSBB pembelian kebutuhan pokok atau barang-barang lain akhirnya mengandalkan perusahaan jasa pengiriman.

Chief Operating Officer Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan, kenaikan transaksi hingga 100% dengan mayoritas pengiriman berasal dari e-commerce. Kategori pengiriman terbanyak adalah bahan makanan, terutama makanan olahan.

Perusahaan lain, J&T Express juga mencatatkan kenaikan volume pengiriman yang cukup signifikan. Public Relations J&T Express Diego Prayoga mengungkapkan, kenaikan pengiriman mencapai 15%, dengan transaksi pengiriman terbanyak dari e-commerce.

Kemudian Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) juga mencatatkan kenaikan volume pengiriman sebesar 30%. Vice President of Marketing JNE Eri Palgunadi mengatakan, sekitar 60%-70% pengiriman berasal dari e-commerce.

(Baca: Jokowi Minta Daerah Tak Tutup Jalur Udara untuk Distribusi Bahan Pokok)

"Sementara sisanya sekitar 30% berasal kiriman retail atau selain kiriman e-commerce," ujar Diego, kepada Katadata.co.id, Selasa (28/4).

Meski demikian, laju industri logistik juga bukan tanpa hambatan, apalagi saat PSBB. Pasalnya, sejumlah pembatasan moda transportasi turut menghambat layanan pada perusahaan jasa pengiriman, terutama untuk layanan kilat.

Kendala pengiriman logistik ini terlihat saat masyarakat memesan barang di e-commerce, muncul pemberitahuan bahwa pengiriman tertunda karena PSBB.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan, Cindy Mutia Annur, Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...