Terdampak Corona, Pemohon Bansos Jawa Barat Melonjak Tiga Kali Lipat

Rizky Alika
8 Mei 2020, 12:41
Ilustrasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut situasi saat ini dalam kondisi darurat, terlihat dari lonjakan pemohon bansos, dari 9 juta jiwa menjadi 38 juta jiwa akibat pandemi corona.
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.
Ilustrasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut situasi saat ini dalam kondisi darurat, terlihat dari lonjakan pemohon bansos, dari 9 juta jiwa menjadi 38 juta jiwa akibat pandemi corona.

Dampak pandemi virus corona (Covid-19) tergolong signifikan di Provinsi Jawa Barat, terlihat dari peningkatan jumlah pemohon bantuan sosial (bansos).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, sebelum virus corona merebak, ada 9 juta jiwa atau 25% dari total warga Jawa Barat yang memerlukan bansos. Setelah penyebaran virus corona, jumlah warga yang membutuhkan bansos mencapai 38 juta jiwa atau 65% dari total penduduk Jawa Barat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tahun lalu jumlah penduduk di Jawa Barat tercatat mencapai 49,31 juta jiwa. Ridwan Kamil mengatakan, jumlah penduduk saat ini sekitar 50 juta jiwa.

"Bayangkan, dari 9 juta melonjak menjadi 38 juta jiwa yang harus diberi bantuan. Ini sungguh situasi yang sangat berat," kata Ridwan dalam video conference, Jumat (8/5).

Pria yang kerap disapa Kang Emil tersebut mengatakan, kondisi saat ini menunjukkan situasi darurat ekonomi. Potensi darurat sosial politik dikhawatirkan bisa terjadi pada situasi darurat ini.

Namun, hal tersebut diperkirakan tidak akan terjadi bila pemerintah dapat mengendalikan situasi darurat ekonomi secara terukur. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah menyusun aliran-aliran bansos yang akan diberikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

(Baca: Tambahan Terbanyak Kasus Baru Corona di RI Berasal dari Jawa Barat)

Mengutip laman resmi Pemprov Jawa Barat, bansos senilai Rp 500 ribu dari Pemda Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu dari sembilan pintu bantuan kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...