Tingkat Pengangguran AS Sentuh 14,7%, Terburuk Sejak Depresi Besar

Image title
11 Mei 2020, 09:26
Ilustrasi, masyarakat Amerika Serikat (AS) memprotes larangan tinggal di rumah. Tingkat pengangguran AS mencapai level tertinggi dalam 90 tahun terakhir, yakni 14,7%.
ANTARA FOTO/REUTERS/Young Kwak/hp/dj
Ilustrasi, masyarakat Amerika Serikat (AS) memprotes larangan tinggal di rumah. Tingkat pengangguran AS mencapai level tertinggi dalam 90 tahun terakhir, yakni 14,7%.

Pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat tingkat pengangguran Amerika Serikat (AS) melonjak menjadi 14,7%. Terakhir kali AS mencapai tingkat pengangguran ini adalah, saat era Depresi Besar tahun 1930-an.

Mengutip Associated Press, Minggu (10/5), Departemen Tenaga Kerja AS mengumumkan pada April 2020 tercatat 20,5 juta pekerjaan di AS telah hilang. Pasalnya, pandemi Covid-19 memukul perekonomian, dan membuat banyak pabrik, toko, dan perkantoran, tutup.

"Tingkat pengangguran ini tidak pernah terlihat sebelumnya, dan mungkin tidak akan terlihat lagi, kecuali jika ada pandemi lagi," ujar Ekonom Senior BMO Capital Markets Sal Guatieri, dilansir dari Associated Press.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, sekitar 75% dari pekerja yang diberhentikan pada bulan April 2020 menganggap kehilangan pekerjaan hanya sementara. Hal ini terjadi karena perusahaan atau bisnis tempat mereka bekerja ditutup tiba-tiba. Mereka berharap, ketika situasi normal akan kembali diperkerjakan.

Namun, hal tersebut sepenuhnya tergantung bagaimana pembuat kebijakan, bisnis, dan publik menyikapi pandemi corona. Para ekonom sendiri pesimistis hal tersebut dapat terwujud dalam waktu dekat, dan butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan semua pekerjaan yang hilang.

Lonjakan tingkat pengangguran AS ini memang bisa dibilang mengejutkan, sebab terjadinya dalam rentang waktu dua bulan. Pada Februari 2020, AS masih mencatatkan rekor pengangguran terendah selama 50 tahun, yakni 3,5%. Kemudian, pada Maret 2020 levelnya sedikit naik menjadi 4,4%.

(Baca: Obama Kritik Cara Trump Tangani Pandemi Corona di AS: Lemah dan Kacau)

"Hanya dalam tempo dua bulan, tingkat pengangguran berbalik dari terendah selama 50 tahun, menjadi tertinggi selama lebih dari 90 tahun," ujar Kepala Ekonom PNC Financial.

Tingkat pengangguran diyakini jauh lebih tinggi dibanding angka resmi yang diumumkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS. Menurut Heidi Shierholz dari Economic Policy Institute, jika angka pengangguran dihitung dengan benar, levelnya bisa menyentuh angka 24%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...