Pertamina Targetkan Survei Seismik Jambi Merang Rampung Juli 2020

Image title
27 Mei 2020, 08:32
Kru kapal beraktivitas di dalam Kapal Survei Seismik Elsa Regent saat peresmian pelaksanaan survei seismik 2D Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Kru kapal beraktivitas di dalam Kapal Survei Seismik Elsa Regent saat peresmian pelaksanaan survei seismik 2D Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang.

PT Pertamina mengumumkan, kegiatan survei seismik wilayah kerja Jambi Merang telah mencapai 76,4% atau sekitar 22.943 Kilometer (Km). Survei Seismik ini diharapkan mampu memberikan data awal untuk kegiatan eksplorasi.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu mengatakan, targetnya survei seismik ini dilakukan hingga 30.000 Km dan akan selesai awal kuartal III 2020. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Management Walkthrough (MWT) secara virtual bersama SKK Migas.

Advertisement

"Walaupun penuh dengan tantangan kami optimis pekerjaan survei akan dapat diselesaikan pada pertengahan Juli 2020," kata Dharmawan, dalam siaran pers, Selasa (26/5).

Ia menambahkan, survei seismik 2D ini menjadi salah satu bagian dari Komitmen Kerja Pasti (KKP) Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang yang dilaksanakan hingga tahun 2024 dengan nilai investasi sebesar US$ 239,3 juta.

Cakupan survei ini terdiri dari 47 cekungan yang membentang dari perairan Bangka di wilayah barat Indonesia hingga perairan Papua di wilayah timur Indonesia dan merupakan yang terbesar di Asia Pasifik dan Australia dalam 10 tahun terakhir.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyebut, kegiatan survei seismik ini diharapkan mampu membuka wilayah kerja baru untuk eksplorasi minyak dan gas (migas) Indonesia.

(Baca: Investasi Pertamina Tahun Ini Naik 84%, Terbesar ke Sektor Hulu Migas)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement