Ekspansif di Luar Negeri, ICBP Akuisisi Dua Perusahaan Asing Rp 44 T

Image title
24 Mei 2020, 08:03
Ilustrasi, Gedung Indofood Tower. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengumumkan telah mencapai kesepakatan akuisisi Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake senilai Rp 44,07 triliun.
KATADATA / Agung Samosir
Ilustrasi, Gedung Indofood Tower. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mengumumkan telah mencapai kesepakatan akuisisi Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake senilai Rp 44,07 triliun.

PT Indofodd CBP Sukses Makmur Tbk atau ICBP mengumumkan kesepakatan akuisisi seluruh saham Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake. Kesepakatan ini ditandatangani pada Jumat, 22 Mei 2020.

Dua perusahaan yang berbasis di British Virgin Island ini tercatat memiliki penyertaan saham di Pinehill Company Limited, yang memiliki kepemilikan di sejumlah perusahaan produsen mie instan.

Advertisement

Mengutip keterbukaan informasi, Jumat (22/5), Corporate Secretary ICBP Gideon A. Putro menjabarkan, Pinehill Company Limited tercatat memiliki kepemilikan sebesar 59% atas Pinehill Arabia Food Limited, yang berbasis di Arab Saudi. Bisnis utama Pinehill Arabia adalah, produsen mie instan.

"Pinehill Company Limited juga memiliki 100% kepemilikan atas Platinum Stream Profits Limited, yang memiliki kepemilikan 48,99% pada Dufil Prima Foods Plc. Perusahaan ini memiliki bisnis utama produksi mie instan di Nigeria dan Ghana," kata Gideon, dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu (24/5).

Kepemilikan Pinehill Company Limited juga terdapat pada Salim Wazaran Group Limited, sebesar 59%. Perusahaan ini diketahui memiliki penyertaan langsung dan tidak langsung paling sedikit 80% pada beberapa perusahaan di bidang produksi mie instan.

(Baca: Penjualan Positif, Laba Indofood Tumbuh 17,81% Sepanjang Tahun 2019)

Penyertaan saham Salim Wazaran pada beberapa perusahaan ini tersebar beberapa negara, yakni di Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia.

Selain itu, Pinehill Company Limited juga memiliki kepemilikan sebesar 59% pada Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatirim Anonim Sirketi. Perusahaan investasi yang berbasis di Turki ini, memiliki kepemilikan 80% atas Adkoturk Gida Sanayi Ve Tikaret Limited Şirketi, yang merupakan perusahaan produsen mie instan di Turki.

Melalui kesepakatan ini, ICBP akan mengakuisisi seluruh saham perusahaan yang dimiliki oleh Pinehill Corpora, yakni sebanyak 70.828.180 saham. Jumlah ini setara dengan 51% saham yang dijual oleh Pinehill Corpora.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement