Anies Minta Masyarakat Ikut Awasi Pelaksanaan PSBB Transisi Pertama

Image title
5 Juni 2020, 14:25
Ilustrasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies minta masyarakat ikut mengawasi jalannya masa transisi pertama dan langsung melaporkan ke Gugus Tugas Covid-19.
instagram.com/@aniesbaswedan
Ilustrasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies minta masyarakat ikut mengawasi jalannya masa transisi pertama dan langsung melaporkan ke Gugus Tugas Covid-19.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta seluruh warga mengawasi jalannya masa transisi pertama pasca pandemi virus corona atau Covid-19. Jika terdapat pelanggaran, masyarakat dapat melaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid-19 untuk ditindak tegas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banyaknya jumlah perkantoran, pertokoan dan aktivitas sosial di Jakarta tak dapat dipantau secara langsung dan terus menerus oleh aparat keamanan. Sehingga, peran masyarakat sangat penting untuk menyukseskan masa transisi pertama. Hal ini dilakukan lantaran potensi penularan virus masih sangat tinggi.

"Bila ada perkantoran, pertokoan, atau mal yang harusnya kapasitas maksimal 50% melanggar, kami ingatkan dua kali, bila masih melanggar akan ditutup. Ini demi melindungi keselamatan seluruh warga di Jakarta dan saya meminta semua warga untuk mengawasi," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Jumat (5/6).

Ia juga mengingatkan, dalam masa transisi seluruh masyarakat harus menjalankan seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan secara disiplin. Masyarakat dengan kondisi kesehatan yang buruk juga tidak diperbolehkan meninggalkan rumah.

Tak hanya itu, jika terpakasa harus bepergian setiap orang harus memiliki kesadaran menghindari kerumunan atau tempat-tempat yang diisi lebih dari 50% dari kapasitas.

(Baca: Rincian Beda Pelaksanaan PSBB Jakarta Fase Transisi dan Sebelumnya )

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...