Daftar Kota Berbiaya Tertinggi, Hong Kong Tempati Posisi Pertama

Image title
10 Juni 2020, 13:21
Ilustrasi, Kota New York. Firma konsultan SDM asal AS, Mercer, mengeluarkan survei kota-kota berbiaya tertinggi dan terendah untuk ekspatriat.
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/AWW/dj
Ilustrasi, Kota New York. Firma konsultan SDM asal AS, Mercer, mengeluarkan survei kota-kota berbiaya tertinggi dan terendah untuk ekspatriat.

Firma konsultan sumber daya manusia (SDM) asal Amerika Serikat (AS) Mercer merilis daftar kota-kota dengan biaya hidup tertinggi di dunia. Beberapa kota ternama masuk daftar seperti, Hong Kong, Tokyo, New York, dan Singapura.

Daftar yang disusun Mercer ini berasal dari hasil survei yang dilakukan pada Maret 2020. Alhasil, faktor pandemi virus corona atau Covid-19 belum menjadi faktor penentu dalam survei.

Advertisement

Survei biaya hidup Mercer menemukan, bahwa faktor-faktor spesifik seperti fluktuasi mata uang, inflasi biaya untuk barang dan jasa, dan ketidakstabilan harga akomodasi, sangat penting untuk menentukan biaya ekspatriat bagi karyawan yang mendapat penugasan atau penempatan internasional.

Survei mengenai biaya hidup untuk ekspatriat ini dirancang untuk membantu perusahaan multinasional dan pemerintah menentukan strategi kompensasi bagi karyawan asing mereka. Kota New York digunakan sebagai kota dasar untuk semua perbandingan dan pergerakan mata uang diukur terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Survei ini mencakup lebih dari 400 kota di seluruh dunia. Peringkat tahun ini mencakup 209 kota di lima benua dan mengukur biaya komparatif lebih dari 200 item di setiap lokasi, termasuk perumahan, transportasi, makanan, pakaian, barang-barang rumah tangga, dan hiburan.

“Iklim, lingkungan, dan sistem kesehatan telah mendorong perusahaan multinasional untuk mempertimbangkan aspek kota pada kondisi kehidupan pekerja asing. Kota dengan fokus keberlanjutan yang kuat, dapat meningkatkan standar kehidupan karyawan,” kata Career President and Head of Mercer Strategy Ilya Bonic, dalam keterangan resmi, Selasa (9/6).

Di urutan pertama, kota dengan biaya hidup tertinggi untuk ekpatriat adalah Hong Kong, diikuti oleh Ashgabat, Turkmenistan di posisi kedua. Tokyo dan Zurich masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat. Sedangkan Singapura di posisi kelima, turun dua tempat dari tahun lalu.

(Baca: Daftar 100 Negara Teraman dari Virus Corona, Indonesia di Posisi 97 )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement