Jet Tempur TNI-AU Hawk 209 Dilaporkan Jatuh di Pekanbaru

Image title
15 Juni 2020, 11:24
Prajurit TNI AU berjaga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 milik TNI AU di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/Lmo/wsj.
Prajurit TNI AU berjaga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 milik TNI AU di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).

Pada hari ini, Senin (15/6) pukul 08.30 WIB, telah terjadi kecelakaan pesawat tempur milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (AU). Jet tempur tersebut dilaporkan jatuh 5 Kilometer (Km) dari runway Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Pilot pesawat jenis BAe Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 tersebut adalah Letnan Satu Penerbang (Lettu Pnb) Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Advertisement

Pada insiden kecelakaan tersebut Lettu Pnb Apriyanto Ismail melontarkan diri dari pesawat menggunakan kursi lontar atau ejection seat dan selamat. Saat ini, ia berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara, penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU. Tempat jatuhnya pesawat tersebut saat ini sudah diblokade oleh personil TNI-AU.

Merespons kecelakaan yang terjadi, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo segera menuju lokasi insiden jatuhnya pesawat tersebut.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus Zukri mengungkapkan, KSAU tengah menuju Pekanbaru, tempat insiden jatuhnya jet tempur, dan meminta agar awak media menunggu agar informasi disampaikan lewat satu pintu.

(Baca: GE Aviation Resmi Pasok Mesin Jet Tempur Kolaborasi Korea-Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement