Kementerian PUPR Anggarkan Rp 618 M Tahun Depan untuk DAS Citarum

Image title
21 Juni 2020, 10:53
Ilustrasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Untuk mengendalikan pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, Kementerian PUPR berencana menganggarkan Rp 618,6 miliar pada 2021.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ilustrasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Untuk mengendalikan pencemaran dan kerusakan DAS Citarum, Kementerian PUPR berencana menganggarkan Rp 618,6 miliar pada 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menganggarkan dana Rp 618,6 miliar pada 2021, untuk mengendalikan pencemaran dan kerusakan di daerah aliran sungai atau DAS Citarum.

Mengutip Antara, Minggu (21/6), tahun depan, nominal anggaran tersebut akan digunakan Kementerian PUPR untuk serangkaian kegiataan infrastruktur. Termasuk untuk kegiatan yang dilaksanakan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Rinciannya, untuk normalisasi sungai di enam lokasi akan dialokasikan sebesar Rp 137 miliar, untuk rehabilitasi sungai di tiga lokasi sebesar Rp 125 miliar, dan untuk pemeliharaan sungai di enam lokasi sebesar Rp 6,6 miliar.

"Kemudian pengendalian banjir di dua lokasi senilai Rp 100 miliar, pembangunan pengendali banjir di Sungai Cibeet senilai Rp 50 miliar, dan pelaksanaan kegiatan bekerja sama dengan TNI dianggarkan Rp 200 miliar," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, untuk mendukung program Citarum Harum, Kementerian PUPR telah melakukan pengelolaan sumber daya air, pengelolaan limbah cair dan padat di sepanjang sungai dan permukiman, termasuk pengendalian banjir di wilayah hilir.

Sejumlah infrastruktur pun telah dibangun, seperti normalisasi kali mati (oxbow) yang telah dilaksanakan sejak 2019 di lima lokasi dengan anggaran Rp 33,8 miliar yakni Kali Mati Dara Ulin, Mahmud, Bojong Soang, Sapan, dan Cisangkuy.

Sebelumnya, pada 2018 Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Kolam Retensi Cieuntung di Kecamatan Baleendah seluas 4,75 hektare (ha) berkapasitas tampung 190 ribu meter kubik.

(Baca: Kementerian PUPR Siapkan Rp 239,7 Miliar untuk Tangani Lumpur Lapindo)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...