Kompetisi Sepak Bola Indonesia Bakal Kembali Bergulir September 2020

Dimas Jarot Bayu
21 Juni 2020, 12:04
Ilustrasi, pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia. Memasuki era normal baru, kompetisi sepak bola Indonesia rencananya akan digulirkan kembali September 2020.
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Ilustrasi, pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia. Memasuki era normal baru, kompetisi sepak bola Indonesia rencananya akan digulirkan kembali September 2020.

Memasuki era normal baru, kompetisi olahraga Indonesia bakal kembali dihidupkan. Salah satunya sepak bola, yang rencananya kembali digelar pada September-Oktober 2020.

Nantinya, kompetisi sepak bola akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Advertisement

“Yang direncanakan untuk kelanjutan liga dari federasi, pelaksanaannya juga sekitar September atau Oktober,” kata General Manager Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (21/6).

Menurut Ponaryo, jumlah penonton pertandingan secara langsung juga akan dibatasi. Sebagai gantinya, masyarakat bisa menonton pertandingan dari siaran televisi atau secara virtual.

Ia menambahkan, kondisi tersebut memang akan berdampak secara bisnis terhadap tim yang bertanding. Namun, demi bergulirnya kembali kompetisi, maka syarat tersebut tidak bisa ditawar.

Selain mengatur mengenai jumlah penonton yang menyaksikan langsung di stadion, protokol yang diterapkan juga mengatur soal lokasi atau venue pertandingan.

Nantinya, lokasi pertandingan akan dipusatkan di wilayah yang berstatus zona hijau atau wilayah yang tidak memiliki risiko penyebaran Covid-19. Tak hanya itu, hotel tempat tim menginap juga akan dikondisikan tidak menerima tamu lain.

(Baca: 'New Normal' Olahraga Akibat Covid-19, Apa yang Berubah?)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement