Dewan Transportasi Jakarta Sebut KCI Sudah Optimal Urai Kerumunan KRL

Dimas Jarot Bayu
21 Juni 2020, 19:00
Ilustrasi, penumpang kereta rel listrik (KRL) commuter line menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. Ilustrasi, penumpang KRL Commuter Line. Dewan Transportasi Kota Jakarta menilai KCI sudah berbuat maksimal untuk mengurai kerumunan di staisun mau
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi, penumpang kereta rel listrik (KRL) commuter line menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. Ilustrasi, penumpang KRL Commuter Line. Dewan Transportasi Kota Jakarta menilai KCI sudah berbuat maksimal untuk mengurai kerumunan di staisun maupun di dalam KRL.

Memasuki era normal baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalankan fase transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Seiring hal tersebut, mobilitas masyarakat kembali meningkat.

Peningkatan mobilitas ini juga terlihat pada aktivitas penumpang kereta rel listrik (KRL) di stasiun, yang terlihat makin meningkat tiap harinya.

Advertisement

Hal tersebut lantas kerap menimbulkan kerumunan di stasiun. Padahal, kerumunan berpotensi menjadi sumber penularan virus corona atau Covid-19.

Meski demikian, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menilai PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah cukup optimal mengurai kerumunan penumpang KRL saat fase transisi PSBB. Salah satunya dilakukan dengan menambah jumlah perjalanan KRL per hari, serta menambah jumlah rangkaian KRL, khususnya di lokasi-lokasi padat penumpang.

"Jadi ada layanan yang mengantisipasi langsung permintaan yang besar, sehingga masyarakat tidak menumpuk di titik-titik mereka berkumpul," kata Ketua Komisi Litbang DTKJ, Leksmono Suryo Putranto dalam diskusi virtual, Minggu (21/6).

Leksmono menyebut seluruh tim KCI juga turun langsung ke lapangan untuk memonitor operasional KRL pada jam-jam sibuk. Selain itu, KCI terus berkoordinasi dengan pihak lain dalam upaya mengurai kerumunan di stasiun KRL

(Baca: KRL Padat, Pemerintah Atur Jam Kerja Karyawan di Jabodetabek)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement