Beroperasi Lagi saat Pandemi, AirAsia Sudah Gaet 41 Ribu Penumpang

Image title
26 Juni 2020, 21:59
Ilustrasi, armada pesawat AirAsia. Maskapai AirAsia berhasil mencatatkan penjualan harian tertinggi usai beroperasi kembali, sebanyak 41.000 kursi terjual dalam sehari pada 23 Juni 2020.
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/hp/cf
Ilustrasi, armada pesawat AirAsia. Maskapai AirAsia berhasil mencatatkan penjualan harian tertinggi usai beroperasi kembali, sebanyak 41.000 kursi terjual dalam sehari pada 23 Juni 2020.

Maskapai penerbangan AirAsia mencatatkan penjualan harian tertinggi pada 23 Juni 2020, sebanyak 41.000 kursi terjual dalam satu hari. Penjualan ini merupakan gabungan dari seluruh maskapai yang tergabung dalam AirAsia Group.

Chief Executive Officer AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan, angka penjualan tersebut merupakan yang terbanyak sejak penerbangan AirAsia kembali beroperasi. Sebelumnya, perusahaan menghentikan sementara operasional sejak 1 April hingga 18 Mei 2020, imbas pandemi virus corona atau Covid-19.

Advertisement

"Peningkatan trafik penumpang ini menandakan pertumbuhan permintaan yang positif untuk perjalanan udara. Dalam beberapa hari ini, situs AirAsia bahkan menunjukkan peningkatan aktivitas sebesar 170%," kata Tony, dalam siaran pers, Jumat (26/6).

Adapun, beberapa rute penerbangan paling populer yang dipesan antara lain rute Jakarta ke Denpasar dan Medan untuk Indonesia, serta rute Kota Kinabalu dan Kuching ke Kuala Lumpur untuk Malaysia.

Kemudian, rute Bangkok ke Chiang Mai dan Hat Yai untuk Thailand, rute Manila ke Puerto Princesa dan Davao untuk Filipina, serta rute Delhi ke Srinagar dan Bengaluru ke Hyderabad untuk India.

"Rata-rata tingkat keterisian penumpang secara Grup sekitar 50% dengan kontribusi terbesar dari AirAsia Malaysia, yang mencapai 70% dari total keterisian," ujarnya.

Tony memprediksi, tren peningkatan penumpang pesawat bakal berlanjut dalam beberapa pekan mendatang. Itu sebabnya, AirAsia berupaya untuk meningkatkan frekuensi penerbangan menjadi sekitar 50% dari total operasional sebelum pandemi corona.

(Baca: Masih Pandemi Corona, AirAsia Setop Penerbangan Hingga 8 Juni)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement