Bidik Potensi Bisnis Kargo, Angkasa Pura Logisitik Sewa Tiga Pesawat

Image title
4 Juni 2020, 20:41
Ilustrasi, kargo pesawat. PT Angkasa Pura Logistik menyewa tiga pesawat dari Pelita Air Services untuk menjalankan bisnis air freight atau penerbangan kargo.
ANTARA FOTO/HO/Dispenau/wpa/foc.
Ilustrasi, kargo pesawat. PT Angkasa Pura Logistik menyewa tiga pesawat dari Pelita Air Services untuk menjalankan bisnis air freight atau penerbangan kargo.

Dalam rangka memperkuat bisnis perusahaan, salah satu anak usaha PT Angkasa Pura I (AP I), yakni PT Angkasa Pura Logistik meluncurkan layanan air freight. Layanan ini bekerja sama dengan Pelita Air Service, sebagai mitra penyedia penyewaan pesawat freighter.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, kemunculan bisnis air freight ini merupakan respons perusahaan mendorong bisnis tetap berjalan, di tengah pembatasan penerbangan komersial. Menurut dia, kinerja bisnis kargo pada masa pandemi corona penurunannya tidak terlalu dalam seperti penumpang.

Advertisement

“Hal ini juga merupakan komitmen perusahaan untuk berkontribusi terhadap pewujudan penguatan konektivitas logistik di Indonesia," ujar Faik, dalam keterangan resminya, Kamis (4/6).

Ia menambahkan, masuknya perusahaan dalam lini air freight ini karena melihat potensi peluang, baik saat pandemi atau dalam jangka panjang. Mengutip data Mondor Intelligence Reports 2019, bisnis air freight Indonesia diproyeksikan mencapai peningkatan sebesar 110%, menjadi US$19,3 miliar pada 2024.

Untuk total volumenya, riset Mondor memprediksi, volumenya terus tumbuh sebesar 26% hingga 2023, dan pengiriman rute domestik mencapai 52% dari total pasar air freight.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah menjelaskan, pada tahap awal layanan air freight ini didukung dengan armada dua pesawat ATR 72-500 yang disewa dari Pelita Air. Kemudian akan terdapat penambahan satu pesawat Boeing 737-300 untuk peningkatan efisiensi pelayanan.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement