Corona Menyebar Lewat Udara, Dokter Imbau Masyarakat Hindari Keramaian

Rizky Alika
13 Juli 2020, 13:47
Ilustrasi, pasar tradisional. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau masyarakat menghindari tempat keramaian agar terhindar dari risiko penularan virus corona.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz
Ilustrasi, pasar tradisional. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau masyarakat menghindari tempat keramaian agar terhindar dari risiko penularan virus corona.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengimbau masyarakat menghindari keramaian agar terhindar dari risiko tinggi paparan virus corona atau Covid-19. Imbauan ini disuarakan menyusul temuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan Covid-19 mampu menyebar lewat udara atau airborne.

"Hindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka," kata Pokja Bidang Infeksi Perhumpunan Dokter Paru Indonesia Erlina Burhan, dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Senin (13/7).

Advertisement

Selain itu, Erlina meminta agar masyarakat tetap waspada dan tidak panik, serta menggunakan masker di mana saja dan kapan saja, bahkan dalam ruangan.

Beberapa protokol kesehatan yang perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 antara lain, sesering mungkin membuka jendela ruangan agar sirkulasi udara mengalir. Hal ini penting dilakukan agar partikel kecil yang membawa Covid-19 tidak berputar di ruangan dalam jangka waktu lama.

Kemudian, memastikan kedispilinan pelaksanaan protokol kesehatan standar, seperti menjaga kebersihan tangan dan tidak menyentuh wajah sebelum cuci tangan. Ditambah dengan, tetap menjaga jarak pada aktivitas sehari-hari.

Ia pun mengakui, WHO telah menyatakan kemungkinan adanya penularan secara airborne pada ruangan tertutup, ramai, dan ventilasi yang kurang baik. Namun, WHO dinilai belum menyatakan secara pasti jika Covid-19 menular secara airborne.

(Baca: Ahli Epidemiologi: Cek Ventilasi Gedung dan Rumah untuk Cegah Corona)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement