31 Proyek Tersendat Imbas Pandemi, Laba PTPP Diproyeksi Tergerus 75%

Image title
16 Juli 2020, 07:49
Ilustrasi, logo PT PP Tbk (PTPP). Manajemen PTPP memperkirakan laba per 31 Mei 2020 turun lebih dari 75% imbas tersendatnya sejumlah proyek karena terpengaruh pandemi corona.
www.bumn.go.id
Ilustrasi, logo PT PP Tbk (PTPP). Manajemen PTPP memperkirakan laba per 31 Mei 2020 turun lebih dari 75% imbas tersendatnya sejumlah proyek karena terpengaruh pandemi corona.

PT PP Tbk (PTPP) menyatakan, imbas pandemi virus corona atau Covid-19 kinerja perseroan terganggu, dengan prediksi penurunan laba per 31 Mei 2020 lebih dari 75%. Hal ini disebabkan karena sejumlah proyek terhenti atau bergerak lambat karena pandemi corona.

Mengutip keterbukaan informasi yang diunggah di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (15/7), perseroan menyebutkan ada 31 proyek yang pengerjaannya tersendat karena pandemi corona.

Advertisement

Perinciannya, ada 16 proyek dalam status slowdown, sembilan proyek dalam status lockdown, dan enam proyek dihentikan sementara. PTPP menjelaskan, terhambatnya pengerjaan sejumlah proyek disebabkan karena, lokasinya berada di zona merah dan/atau ada kegiatan terkait proyek tersebut terhambat.

"Kontribusi pendapatan dari kegiatan operasional yang terhenti dan/atau mengalami pembatasan operasional tersebut terhadap total pendapatan 2019 sebesar 51-75%," tulis manajemen PTPP, dalam keterbukaan informasi.

Akibat penghentian sementara proyek dan pembatasan operasional, PTPP memperkirakan pendapatan per 31 Mei 2020 turun 25-50% dibandingkan dengan raihan pada periode yang sama tahun lalu.

Dari segi kinerja keuntungan, perseroan memperkirakan ada penurunan laba bersih lebih dari 75% untuk periode per 31 Mei 2020, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Untuk meminimalisir dampak negatif pandemi corona, perseroan mengatakan telah melakukan beberapa upaya, seperti melakukan mitigasi khusus untuk operasional, dalam hal konstruksi dan investasi. Kemudian, ada juga mitigasi di bidang keuangan dalam hal biaya usaha dan financing.

(Baca: Lebih Selektif Pilih Proyek, Belanja Modal PT PP Tahun Ini Turun 25%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement