Indonesia akan Membeli 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon Austria

Image title
21 Juli 2020, 11:05
Ilustrasi, jet tempur Eurofighter Typhoon. Indonesia dikabarkan berminat membeli 15 Eurifighter Typhoon milik AU Austria.
Eurofighter Documentation
Ilustrasi, jet tempur Eurofighter Typhoon. Indonesia dikabarkan berminat membeli 15 Eurifighter Typhoon milik AU Austria.

Rencana impor alat utama sistem pertahanan (alutsista) tak berhenti, meski ada imbauan dari Presiden Joko Widodo untuk menekannya. Terbaru, Indonesia berminat untuk mengakuisisi 15 jet tempur Eurofighter Typhoon milik Austria.

Mengutip Defense World, Senin (20/7), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan mengirimkan surat kepada Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner, untuk menjajaki akuisisi 15 Eurofighter Typhoon.

Advertisement

"Untuk mencapai target saya dalam memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, oleh karena itu, saya ingin mengusulkan untuk mengadakan perundingan resmi dengan Anda, untuk membeli semua 15 Eurofighter Typhoon dari Austria untuk Angkatan Udara Republik Indonesia," tulis Prabowo dalam suratnya, dilansir dari Defense World.

Spekulasi yang beredar, Austria bakal menyambut minat Indonesia mengakuisisi armada jet tempur Eurofighter Typhoon miliknya. Pasalnya, negara Eropa Tengah ini berencana mempensiunkan jet tempur ini, dan menggantinya dengan armada yang lebih efisien untuk kebutuhan pertahanan.

Austria membeli 15 jet tempur Eurofighter Typhoon senilai 2,3 miliar euro pada 2002 silam, untuk jenis pertahanan udara atau Tranche 1. Konsorsium Eurofighter sebelumnya sempat menawarkan upgrade jet tempur tersebut menjadi Tranche 2 atau 3, yang bakal meningkatkan kemampuan tempur. Namun, pemerintah Austria memilih tidak mengambil tawaran tersebut.

Mengutip laman resmi Eurofighter, jet tempur Typhoon merupakan pesawat yang dirancang untuk superioritas pertempuran udara. Tidak seperti F-16 yang merupakan tipe pencegat, Eurofighter Typhoon murni dirancang sebagai "Fighter" dan bisa difungsikan untuk serangan udara atau air to survace mission.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement