Bulog Targetkan Gudang Lumbung Pangan Beroperasi Oktober 2020

Rizky Alika
21 Juli 2020, 13:47
Ilustrasi, gudang milik Perum Bulog. Bulog menargetkan gudang beras untuk proyek lumbung pangan dapat digunakan pada Oktober 2020.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Ilustrasi, gudang milik Perum Bulog. Bulog menargetkan gudang beras untuk proyek lumbung pangan dapat digunakan pada Oktober 2020.

Perum Bulog targetkan pembangunan gudang untuk mendukung proyek lumbung pangan (food estate) rampung Oktober 2020. Target penyelesaian ini seiring dengan masuknya musim tanam di wilayah Kalimantan Tengah.

"Kami menargetkan pembangunan gudang dan rice milling ini segera selesai, dan dapat digunakan pada Oktober 2020 sampai Maret 2021," kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, dalam siaran pers, Selasa (21/7).

Ia menjelaskan, Bulog telah melakukan pembebasan lahan di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, guna membangun gudang penyimpanan beras tersebut. Kabupaten ini telah memiliki 48.000 hektare (Ha) lahan padi yang telah aktif, dan memproduksi 4 ton beras per Ha setiap tahunnya.

Fungsi gudang baru ini akan fokus pada penyimpanan pangan dalam bentuk gabah. Dengan demikian, gabah tersebut bisa lebih awet, dan siap digiling menggunakan fasilitas rice milling.

Pria yang akrab disapa Buwas tersebut optimistis produksi beras nasional akan melimpah. Sebab, 48.000 Ha yang telah ditanam di Kabupaten Pulang Pisau belum termasuk daerah-daerah lain yang sekarang sudah mulai ditanami.

"Ini artinya, akan menjadi sumber swasembada pangan baru di Indonesia," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...