Istana Sebut Penanganan Covid-19 Indonesia Sudah di Jalur yang Benar

Dimas Jarot Bayu
21 Juli 2020, 16:42
Ilustrasi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Pramono Anung mengatakan, upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah sudah berada di jalur yang benar.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Pramono Anung mengatakan, upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah sudah berada di jalur yang benar.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengklaim upaya pengendalian virus corona atau Covid-19 yang telah dilakukan pemerintah Indonesia sudah tepat. Bahkan, jauh lebih baik dibandingkan sejumlah negara lain.

“Dibanding negara-negara lain, penanganan Covid-19 Indonesia sebenarnya sudah on the right track,” kata Pramono di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7).

Advertisement

Menurutnya, penanganan virus corona yang sudah baik tersebut ditunjukkan dengan angka kematian yang turun dari waktu ke waktu. Padahal, angka kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir mencatatkan kenaikan.

Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dan dilaporkan pemerintah pada Minggu (19/7) tercatat mencapai 127 orang. Angka ini menjadi yang tertinggi sejak kasus virus corona mewabah pada awal Maret 2020.

Faktor kedua yang dianggap Pramono menunjukkan upaya penanganan virus corona oleh pemerintah sudah baik adalah, peningkatan angka kesembuhan pasien Covid-19.

Angka pasien positif Covid-19 yang tercatat sembuh memang terus mengalami peningkatan. Bahkan, angka kesembuhan pasien corona mencapai rekor pada Jumat (17/7) lalu, yakni 1.489 orang.

Faktor lain yang dinilai menunjukkan bahwa upaya penanganan corona oleh pemerintah sudah baik adalah, vaksin buatan PT Bio Farma yang bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, akan memasuki tahap uji klinis fase tiga. Rencananya, vaksin corona tersebut bisa mulai diproduksi pada Januari 2021.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement