ESDM Sebut Produk Hilirisasi Batu Bara Bisa Digunakan di Kompor LPG

Image title
22 Juli 2020, 14:34
Ilustrasi, perangkat kompor berbahan LPG. Kementerian ESDM menyebut campuran produk hilirisasi batu bara, yakni DME, dapat digunakan pada kompor LPG.
ANTARA FOTO/Moch Asim/pras.
Ilustrasi, perangkat kompor berbahan LPG. Kementerian ESDM menyebut campuran produk hilirisasi batu bara, yakni DME, dapat digunakan pada kompor LPG.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan pemanfaatan produk hilirisasi batu bara, yakni dimethyl ether (DME) dapat digunakan dalam perangkat yang saat ini masih berbasis liquid petroleum gas (LPG).

Kesimpulan ini didapat setelah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM (Balitbang ESDM) melakukan uji coba pemanfaatan DME. Uji coba difokuskan untuk pengembangan kompor khusus DME, yang nantinya akan mengganti LPG.

Kepala Balitbang ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan, dalam uji coba pihaknya mencampur DME dengan kadar 20% dengan LPG berkadar 80%. Hasilnya, campuran ini memiliki karakteristik tidak jauh berbeda dengan LPG. Sehingga, untuk saat ini pemanfaatannya tidak perlu mengubah jenis kompor yang digunakan.

"Dengan campuran ini, maka bisa gunakan kompor LPG eksisting, ini lagi saya pelajari lebih lanjut," ujar Dadan dalam Konferensi Pers, Rabu (22/7).

Ia mengatakan, uji coba kompor menggunakan campuran DME 20% ini menunjukkan hasil normal, dengan nyala api yang dihasilkan masih berwarna biru. Namun, durasi waktu memasak menjadi lebih lama, dibandingkan dengan menggunakan LPG.

Adapun, pemerintah terus berkomitmen untuk menjalankan program ini, salah satunya dengan mengkaji pemberian subsidi agar tidak memberatkan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...