Luhut Bakal Izinkan Turis Domestik Berkunjung ke Bali Akhir Juli

Image title
22 Juli 2020, 19:48
Ilustrasi, objek wisata Ulun Danu Beratan, Tabanan, Bali. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan wisatawan domestik akan diperbolehkan mengunjungi Bali pada 30 Juli.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.
Ilustrasi, objek wisata Ulun Danu Beratan, Tabanan, Bali. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan wisatawan domestik akan diperbolehkan mengunjungi Bali pada 30 Juli.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan turis domestik akan diperbolehkan mengunjungi Bali mulai 30 Juli. Rencananya, seluruh lokasi wisata di Bali akan kembali dibuka bagi pelancong.

"Mulai kuartal III tahun ini kami mencoba melakukan peningkatan turis domestik secara bertahap sampai ke 70%," kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (22/7).

Menurutnya, upaya untuk menggerakkan kembali wisatawan domestik dapat menjadi penolong industri pariwisata yang kini tengah mati suri. Pasalnya, sepanjang tahun lalu tercatat sebanyak 300.000 perjalanan dilakukan oleh wisatwan domestik di seluruh Indonesia.

Efek perjalanan wisatawan domestik ini tergolong besar, karena mampu menyumbang 55% produk domestik bruto (PDB) sektor pariwisata. Sehingga, upaya mendorong laju pariwisata domestik akan mampu menggerakkan kembali ekonomi kreatif dan pariwisata.

Upaya mendorong kembali perjalanan wisatawan domestik ini, diikuti dengan pembenahan sarana dan prasarana umum, terutama di lokasi wisata alam. Sebab, ia menilai pasca-pandemi corona tren wisata akan bergeser dari wisata kota menjadi wisata alam.

"Tren menunjukkan wisatawan domestik akan berkunjung ke kota penyanggah yang memiliki alam yang indah dan bersih," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan seluruh fasilitas untuk menyambut kedatangan wisatawan.

Setelah wisatawan domestik diperbolehkan melancong akhir Juli 2020, rencananya wisatwan asing pun diizinkan bertamasya ke Pulau Dewata pada bulan September 2020.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...