Pemerintah Targetkan Vaksin Covid-19 Diproduksi Akhir Tahun

Image title
28 Juli 2020, 16:20
Ilustrasi, vaksin. Pemerintah menargetkan vaksin virus corona sudah bisa diproduksi akhir tahun.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi, vaksin. Pemerintah menargetkan vaksin virus corona sudah bisa diproduksi akhir tahun.

Pemerintah menargetkan vaksin virus corona atau Covid-19 sudah tersedia pada periode September-November 2020. Setelah itu, pemerintah akan segera memproduksi vaksin Covid-19 agar tahun depan pemulihan ekonomi bisa dipercepat.

Mengutip Antara, Selasa (28/7), Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Tirta Hidayat mengatakan, penyediaan vaksin Covid-19 dari sejumlah produsen merupakan solusi utama agar ekonomi bisa berjalan normal kembali, sekaligus untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Advertisement

“Mudah-mudahan sebelum akhir tahun bisa mulai menyediakan vaksin virus corona, sehingga awal tahun depan bisa bekerja normal dan ekonomi membaik,” kata Tirta, dalam sebuah forum diskusi virtual, dilansir dari Antara.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Indonesia membutuhkan 340 juta ampul vaksin Covid-19 untuk 170 juta jiwa. Jumlah ini ditentukan berdasarkan asumsi setiap orang mendapatkan dua ampul vaksin.

Salah satu upaya pemerintah mewujudkan ketersediaan vaksin Covid-19 adalah, lewat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor farmasi. Seperti diketahui, salah holding BUMN farmasi, PT Bio Farma, telah bekerja sama dengan Sinovac Biotech Ltd, yang sudah memasuki tahap uji klinis.

Adapun, uji klinis tahap III yang dilakukan oleh Bio Farma dan Sinovac, juga menggandeng Kementerian Kesehatan dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Fakultas Kedokteran Unpad Dr Eddy Fadlyana SpA(K) MKes mengatakan, uji klinis vaksin Covid-19 akan dilakukan di enam tempat, yakni empat pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), Balai Kesehatan Unpad, dan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad.

Uji klinis ini melibatkan 1.620 relawan yang lolos seleksi, dengan kriteria usia 18-59 tahun dan harus dalam kondisi sehat serta dijamin asuransi.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement