Ledakan Besar di Lebanon, KBRI Sebut Seluruh WNI dalam Kondisi Aman

Image title
5 Agustus 2020, 08:21
Ilustrasi, ledakan di Lebanon. Pada Selasa (4/8) sebuah ledakan besar dilaporkan terjadi di Beirut, Ibu Kota Lebanon, yang telah menewaskan sedikitnya 70 orang dan melukai lebih dari 4.000 orang lainnya.
ANTARA FOTO/REUTERS/Nikola Solic/File Photo/hp/cf
Ilustrasi, ledakan di Lebanon. Pada Selasa (4/8) sebuah ledakan besar dilaporkan terjadi di Beirut, Ibu Kota Lebanon, yang telah menewaskan sedikitnya 70 orang dan melukai lebih dari 4.000 orang lainnya.

Ledakan besar telah mengguncang Ibu Kota Lebanon Beirut pada Selasa (4/8) pukul 18.02 waktu setempat. Ledakan yang berasal sebuah gudang ini dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 70 orang dan melukai lebih dari 4.000 orang lainnya.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari mengatakan ledakan dari sebuah gudang tersebut berlokasi di pelabuhan yang dekat dengan pusat kota Beirut, sehingga menimbulkan kehancuran dan kerusakan properti dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Advertisement

"Sejauh ini belum ada keterangan resmi penyebab ledakan di Beirut, tapi sumber awal menyampaikan analisa bahwa ledakan terjadi di salah satu hangar besar yang menyimpan bahan-bahan rentan meledak yang disimpan di pelabuhan," kata Hajriyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id, Rabu (5/8).

Ia menjelaskan ada informasi bahwa ledakan berasal dari bahan sodium nitrat (NaNO3) dalam volume besar disimpan di pelabuhan. Sodium nitrat merupakan bahan kimia yang digunakan untuk pengawet makanan dan rentan meledak apabila terkena api.

Berdasarkan pengecekan terakhir yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lebanon, seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat. Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 diantaranya adalah personel militer anggota Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil, termasuk keluarga staf KBRI dan mahasiswa.

Dalam peristiwa ledakan ini Hajriyanto mengatakan ada satu WNI yang sedang menjalani karantina di rumah sakit Rafiq Hariri Beirut yang tidak jauh dari lokasi ledakan. WNI tersebut juga sudah terkonfirmasi aman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement