Pertamina Akan Bagikan 35.000 Konverter Kit untuk Nelayan dan Petani

Pertamina menargetkan proses pengadaan konverter kit rampung September 2020 dan mulai mendistribusikan pada pekan kedua Oktober 2020.
Image title
Oleh Verda Nano Setiawan
5 Agustus 2020, 13:28
Ilustrasi, logo PT Pertamina. Pertamina siap mendistribusikan 35.000 konverter kit untuk nelayan dan petani mulai pekan kedua Oktober 2020.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo PT Pertamina. Pertamina siap mendistribusikan 35.000 konverter kit untuk nelayan dan petani mulai pekan kedua Oktober 2020.

PT Pertamina menyatakan kesiapannya menindaklanjuti penugasan pemerintah untuk mendistribusikan 35.000 paket konventer kit untuk nelayan dan petani. Secara perinci 25.000 konverter kit akan didistribusikan untuk nelayan dan 10.000 unit untuk petani.

Konverter kit merupakan alat yang mengkonversi atau mengubah sistem bahan bakar mesin yang tadinya menggunakan bensin, menjadi bahan bakar gas atau liquified petroleum gas (LPG).

Vice Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kesiapan perseroan ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran Tahun Anggaran 2020.

“Setelah penandatanganan perjanjian, Pertamina segera melakukan proses pengadaan yang ditargetkan selesai akhir September 2020. Minggu kedua Oktober 2020 konverter kit sudah mulai didistribusikan,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8).

Komitmen pendistribusian konverter kit untuk nelayan dan petani ini ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial.

Sementara, dari pihak Pertamina diwakili oleh Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran Irene Yulianingsih dan Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM ke BBG untuk Petani Sasaran Safriyanto.

Fajriyah menjelaskan Pertamina sudah mendistribusikan paket konverter kit untuk nelayan sejak 2016 hingga 2019, dengan total paket yang didistribusikan mencapai 60.859 unit. Sementara untuk nelayan, total konverter kit yang didistribusikan sebanyak 1.000 unit sejak 2019.

Tahun ini Pertamina akan mendistribusikan paket konverter kit untuk nelayan di 17 provinsi yang meliputi 42 kabupaten dan kota. Provinsi yang dimaksud antara lain Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Lalu, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Sementara paket konverter kit untuk petani akan didistribusikan di enam provinsi, yang meliputi 24 kabupaten dan kota.

Pertamina memastikan pendistribusian konverter kit untuk nelayan dan petani akan tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat, karena dilaksanakan di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Video Pilihan

Artikel Terkait